Kilas InternasionalMaret 2022

Kelompok Kerja G20 Sepakat Naikkan Dana TBC

Kelompok Kerja Kesehatan G20 bersepakat untuk mendorong kenaikan dana penanggulangan tuberkulosis. Indonesia masih berjuang untuk mengeliminasi TBC.

Penyakit tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu agenda tambahan yang dibahas dalam pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan G20 di Yogyakarta, 29-30 Maret lalu. Para perwakilan negara peserta G20 yang hadir menyatakan komitmennya untuk mengusulkan peningkatan dana penanggulangan TBC di dunia menjadi empat kali lipat.

“Pertemuan ini untuk membuat komitmen bersama untuk melakukan investasi terhadap TBC. Kami bersepakat untuk melakukan investasi sebanyak US$ 20 miliar per tahun selama 2023-2030. Investasi tersebut digunakan untuk pengembangan vaksin, obat-obatan, dan riset,” kata Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengenai hasil pertemuan tersebut, dalam rilis Kementerian Kesehatan pada Kamis, 31 Maret lalu. 

Pada tahun 2020, dana untuk penanggulangan TBC di dunia hanya sebesar US$ 5,3 miliar dari rencana mencapai US$ 13 miliar. Adapun target awal dana untuk riset dan pengembangan vaksin TBC sebesar US$ 2 miliar tapi hanya diperoleh sebanyak US$ 915 juta. Pendanaan untuk program TBC mengalami penurunan akibat perubahan alokasi anggaran karena negara-negara di dunia mengalihkan fokusnya untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Menurut Kementerian Kesehatan, apabila persoalan pendanaan ini tidak segera ditangani, diperkirakan lebih dari 31 juta orang akan terus meninggal setiap tahun. Masalah itu juga akan menyebabkan kerugian ekonomi global sebesar US$ 18,5 triliun selama 2020-2050.

Indonesia sebagai negara peringkat tiga dengan penderita TBC terbanyak di dunia menargetkan dapat mencapai eliminasi TBC pada tahun 2030 sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 67 tahun 2021. “(Eliminasi TBC) tahun ini kami usahakan berkali-kali lipat. Angkanya kami targetkan 95 persen di tahun 2024 dan untuk tahun ini kami sudah mencapai 49 persen. Usaha yang kami lakukan harus dua kali lipat dari sekarang,” kata Dante.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *