Maret 2022Media Utama

Ketagihan Nusantara Sehat

Pengalaman yang tidak terlupakan selama bertugas di Kabupaten Kapuas bagi Hajrah adalah akreditasi puskesmas. Hal tersebut menorehkan prestasi tersendiri bagi Hajrah. Ia mengatakan, saat itu tenaga Nusantara Sehat betul-betul diperhitungkan untuk membantu jalannya akreditasi. “Apa-apa petugas puskesmas bertanya kepada saya karena sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman akreditasi di Puskesmas Tanjung Beringin. Ketika bertugas  di Timpah, saya cukup  mengambil penting dalam proses akreditasi, sebagai rujukan dan sumber informasi,” ujarnya.

Bagi Hajrah, hikmah yang ia petik selama menjadi anggota tim Nusantara Sehat adalah membentuk karakteristik pribadi dan menjadikan dirinya semakin dewasa. Berbagai pengalaman yang dia dapatkan telah membentuk dirinya agar lebih mudah mengintrospeksi diri dan tidak mudah gegabah bila menghadapi kejadian yang tidak diinginkan.

“Apa-apa yang kami dapat selama bertugas berkesan di hati. Dulu saya mudah emosi karena kejadian yang tidak diinginkan, sekarang saya bisa lebih mengontrol diri karena banyak pengalaman yang sudah didapatkan,” ujar Hajrah.

Hajrah  menyarankan kepada tenaga kesehatan yang masih kuliah atau yang masih mencari pekerjaan agar tidak takut keluar dari zona nyaman. Jangan takut untuk mengabdi di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan karena keadaannya tidak semengerikan yang orang awam bayangkan. Apabila harus bertugas di tempat yang terpencil, kata dia, biasanya petugas puskesmas akan didampingi oleh tentara.

“Jangan berpikir bahwa daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan itu benar-benar aksesnya susah sekali. Secara logika saja, puskesmas itu tidak akan dibangun di tempat yang tidak ada penduduknya,” kata Hajrah.

Hajrah berharap Kementerian Kesehatan terus menyelenggarakan program Nusantara Sehat. Selain mengisi kebutuhan tenaga kesehatan, program tersebut juga memberikan peluang pekerjaan bagi mahasiswa kesehatan yang baru lulus untuk bisa menerapkan ilmu yang didapat saat kuliah di tengah masyarakat. M

Laman sebelumnya 1 2

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *