Maret 2022Serba Serbi

Mengatasi Semut di Rumah

Hasil penelitian menunjukkan semut lebih menyukai garam daripada gula. Perlu mengetahui cara menyingkirkan semut dari rumah.

Ada gula ada semut adalah peribahasa yang populer di masyarakat. Namun apakah memang hanya gula yang disukai oleh serangga kecil ini? Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences edisi 27 Oktober 2008 menyebutkan semut justru lebih menyukai garam daripada gula. Setidaknya itu terjadi di daerah pedalaman yang miskin garam.

“‘Eksperimen kafetaria’ menawarkan pada semut pilihan bola kapas yang direndam dalam larutan garam atau gula. Semut yang hidup lebih dari 100 kilometer di pedalaman lebih menyukai larutan garam (yang kurang pekat daripada larutan gula),” tulis laman Live Science pada 28 Oktober 2008.

Laman itu menyebutkan preferensi ini terutama berlaku untuk semut pemakan tumbuhan, karena semut karnivora mendapatkan cukup garam dari mangsanya.

Seperti manusia, semut membutuhkan garam untuk menjaga aktivitas saraf dan otot tubuh serta keseimbangan air. Semut juga menyukai gula untuk menambah energi bagi tubuhnya. Tidak mengherankan bila di dalam rumah kita mudah menemukan semut di sekitar makanan yang kita letakkan di tempat terbuka karena saat itu mereka sedang mencari makan.

Menurut Forbes, jenis semut yang biasa terdapat di rumah dan memburu makanan disebut semut gula. Semut gula biasanya berbentuk kecil, berwarna hitam atau cokelat, dan cenderung mencari makanan yang kaya karbohidrat seperti gula. Cara “berburu” kelompok semut ini sangat terstruktur karena biasanya hanya ada sekitar satu atau dua ekor semut yang menjadi “semut pramuka” lalu tiba-tiba bisa datang secara berkoloni untuk mengerumuni makanan yang tidak tersimpan rapat.

“Ketika mereka menemukan sumber karbohidrat yang baik (atau protein atau lemak), ‘semut pramuka’ ini meletakkan jejak kimia yang akan mengarahkan pengumpul koloni mereka langsung ke dapur Anda. Mereka akan membersihkan remah-remah Anda, bersama dengan isi kemasan terbuka yang dapat mereka jangkau,” tulis Forbes.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button