Maret 2022Peristiwa

Pemerintah Tingkatkan Daya Saing Wisata Kesehatan

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir, PhD., SpTHT-KL(K)., MARS mengatakan Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyusun langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kinerja kepariwisataan nasional melalui pengembangan konsep wisata kesehatan. 

“Hal ini merupakan upaya meningkatkan daya saing yang semakin kuat agar mampu menarik peluang kunjungan wisatawan mancanegara yang semakin besar dan merata di seluruh wilayah Nusantara, serta menahan terjadinya eksodus wisatawan domestik yang membutuhkan pelayanan kesehatan di luar negeri,” kata Abdul Kadir dalam sambutannya pada pembukaan Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022 di Jakarta, Rabu, 9 Maret 2022.

Acara ini digagas oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi). Perkedwi mengembangkan konsep Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia ke dalam 5 pilar tematik, yaitu wisata medis; wisata kebugaran, estetika, anti-penuaan, dan herbal tersaintifikasi; wisata ilmiah kedokteran; wisata olahraga yang mendukung kesehatan; dan dukungan sektor kesehatan di destinasi prioritas dan superprioritas.

Abdul Kadir mengatakan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kekayaan alam dengan keanekaragaman hayati dan nabati. Indonesia dikenal pula dengan keragaman budayanya. Dengan kekayaan tersebut, pariwisata berpeluang menjadi arus utama dalam kerangka pembangunan nasional di masa depan.

Menurut dia, potensi pengembangan wisata kesehatan (health tourism) di Indonesia dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian. Pertama, wisata medis (medical tourism). Indonesia memiliki rumah sakit pemerintah dan swasta yang telah terakreditasi secara internasional. Beberapa di antaranya telah dipetakan berdasarkan layanan unggulan rumah sakit berupa Katalog Wisata Kesehatan.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button