Maret 2022Media Utama

Saya Ingin Orang Menjadi Sehat

Jemris Mikael Atadena sudah tiga kali mengikuti program Nusantara Sehat. Bagaimana pengalamannya saat ditempatkan di Batam hingga Halmahera?

Nama saya Jemris Mikael Atadena. Umur 33 tahun. Saya berasal dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur dan bungsu dari tiga bersaudara. Saya ingin menjadi tenaga kesehatan agar dapat membantu banyak orang untuk hidup sehat. Saat ini saya menjadi tenaga gizi dalam program Nusantara Sehat Individu di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kobe, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Ini program Nusantara Sehat ketiga yang saya ikuti. Sebelumnya saya bertugas di Puskesmas Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau bersama empat rekan lain dan di Puskesmas  Arjasa, Sumenep, Jawa Timur.

Tiga kali mengikuti program Nusantara Sehat tidak membuat saya jera atau bosan. Saya justru mendapat banyak ilmu dan pengalaman baru. Bahagia rasanya ketika melihat masyarakat di pelosok dapat mengerti dan menjaga kesehatan.

Merantau

Sejak kecil keluarga saya hidup susah. Hampir setiap hari kami makan jagung dan singkong. Beras hanya dimasak setiap pagi untuk menjadi bubur yang kami makan sebelum berangkat ke sekolah. Ibu memberi uang jajan setahun sekali sebesar seribu rupiah di bulan Agustus pada saat upacara bendera. Uang itu saya belikan es potong. Saya bercita-cita menjadi tenaga kesehatan tapi apa daya orang tua tidak punya uang untuk biaya kuliah. Saya pun bekerja sebagai pedagang ikan mentah keliling.

Suatu hari saya mendengar kabar bahwa akan ada kapal penumpang tujuan Makassar yang berlabuh. Saya pun memutuskan untuk berangkat merantau. Perjalanan dua hari dua malam di KM Sirimau mengantarkan saya ke Makassar pada 2008. Di sana saya berjualan koran di lampu merah Toddopuli. Setelah empat bulan, saya mendapat pekerjaan baru sebagai petugas promosi di rumah sentral nutrisi dan punya uang untuk berkuliah di Akademi Gizi Indonesia Makassar.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button