April 2022Isi Piringku

Ketan Kratok Khas Probolinggo

Ketan kratok terasa istimewa karena campuran kacang kratok atau kara dalam ketannya. Mengandung mineral yang baik untuk kesehatan.

Warga Probolinggo, Jawa Timur, memiliki kudapan tradisional sederhana yang biasa diburu untuk sarapan. Namanya ketan kratok. Santapan ringan ini sekilas mirip nasi ketan kukus pada umumnya, tapi yang membuatnya istimewa ialah campuran kacang kratok (kara) dalam ketannya.

Ketan kratok terasa manis dan legit karena terdapat taburan kelapa parut dan gula merah cair. Ketan kratok akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama kopi atau teh manis.

Makanan ini pernah mencatat sejarah bagi Kota Probolinggo. Dilansir dari detik.com, ketan kratok memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2020. Sebanyak 1.359 porsi ketan kratok berhasil dibuat saat penyelenggaraan Probolinggo Food Festival selama tiga hari. Untuk menyajikan porsi ketan kratok sebanyak itu, panitia menghabiskan masing-masing 100 kg ketan putih dan kacang kratok, 150 kg gula merah, dan 50 bungkus santan bubuk.

Manfaat Kacang Kratok

Kacang kratok (Phaseolus lunatus Linn) adalah kacang-kacangan yang berasal dari Amerika Tengah. Jenis kacang ini sebenarnya mengandung racun sianida. Dengan pengolahan yang benar, racun dapat dihilangkan dan kacang kratok menjadi bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh.

Ahli gizi Rachael Link dalam situs Healthline menuliskan bahwa kacang kratok memiliki kandungan mineral yang baik bagi kesehatan, seperti magnesium yang berperan sebagai antioksidan sekaligus membantu proses metabolisme tubuh. Kara juga kaya akan tembaga (copper) yang berguna menyokong sistem imunitas dan menstimulasi fungsi otak.

1 2 3Laman berikutnya

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *