April 2022Peristiwa

Menkes Lantik 9 Pejabat Eselon 2

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melantik 9 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon 2) di lingkungan Kementerian Kesehatan pada Kamis, 14 April 2022. Pelantikan dilaksanakan secara luring di Aula Siwabessy Gedung Suyudi, Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta. 

Menkes berharap pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saat ini pandemi sudah mulai teratasi. Ia berharap tidak ada lagi varian virus baru yang muncul. “Sehingga seluruh daya, tenaga, waktu kita bisa mulai difokuskan untuk melakukan program-program kesehatan utama yang memang harus diselesaikan hingga tahun 2024 nanti,” kata Menkes.

Berbeda dengan periode pertama masa jabatan Presiden Joko Widodo yang menekankan infrastruktur, pada periode kedua ini Presiden Jokowi menekankan perhatian pada sumber daya manusia (SDM). Ada 3 kementerian yang diberi tanggung jawab dalam bidang SDM, yaitu Kementerian Kesehatan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; serta Kementerian Sosial.

Menkes mengingatkan ada amanah besar yang harus dipegang oleh pejabat baru yang dilantik, yaitu menyukseskan transformasi kesehatan. “Presiden Jokowi berharap agar Kemenkes benar-benar bisa menaruh fundamental yang terbaik untuk pembangunan sektor kesehatan,” tutur Menkes.

Seleksi pejabat eselon 2 Kemenkes dilakukan secara terbuka dan transparan. Sebagian besar pejabat yang dilantik adalah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenkes. Ada juga yang berasal dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keuangan.

Berikut ini 9 pejabat yang dilantik:

1. Liendha Andajani, S.E., M.Si. sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran

2. Dr. Sumarjaya, S.Sos., S.K.M., M.M., Mfp, Cfa. sebagai Kepala Biro Umum

3. Indah Febrianti, S.H., M.H. sebagai Kepala Biro Hukum

4. Zulvia Dwi Kurnaini, S.E., M.Ec. sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa

5. Dr. Yanti Herman, S.H., M.H.Kes. sebagai Direktur Pelayanan Kesehatan Primer

6. Dr. Mayang Sari, M.A.R.S. sebagai Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat

7. Dina Sintia Pamela, S.Si, APT, M.Farm. sebagai Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian

8. Bonanza Perwira Taihitu, S.Sos., M.Si. sebagai Kepala Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan9. Dr. Yuli Farianti, M.Epid. sebagai Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *