Info SehatMei 2022

Menjaga Usus agar Tetap Terurus

Agar usus dapat bekerja dengan baik, orang perlu mengonsumsi makanan yang ramah usus. Apa saja makanan sehat itu?

Usus merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem pencernaan kita. Melalui usus, berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral dari berbagai jenis makanan diserap untuk kemudian disalurkan ke seluruh jaringan tubuh. Namun demikian, dalam memprosesnya, usus memiliki beban kerja yang tidak biasa. Selain menyerap nutrisi, usus, yang merupakan bagian terakhir dari sistem pencernaan, berfungsi memproses dan membuang sisa-sisa bahan makanan yang tidak terpakai dari tubuh kita.

Menjaga kesehatan usus menjadi sangat penting agar usus kita dapat tetap terjaga dalam proses penyerapan nutrisi. Usus besar yang sehat adalah kunci kesehatan. Usus besar yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah, seperti kembung, gas, kram, dan sakit perut. Jika tidak diobati tepat waktu, ia dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, seperti kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Menurut Cancer.net, situs kanker yang dikelola Perhimpunan Onkologi Klinis Amerika (ASCO), kanker kolorektal adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di seluruh dunia. Pada 2020, diperkirakan 915.880 orang meninggal karena kanker jenis ini, yang terdiri dari 576.858 orang dengan kanker usus besar dan 339.022 orang dengan kanker dubur.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button