Mei 2022Peristiwa

Menuju G20 Side Event One Health

Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Health Working Group (HWG) yang diselenggarakan Indonesia selaku Presidensi G20 tahun 2022.

Pertemuan Road To Side Event One Health (RTSE OH) 2 dan 3 telah diselenggarakan pada 13 dan 25 Mei 2022 secara luring dan daring di Hotel Gran Melia, Jakarta. Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Health Working Group (HWG) yang diselenggarakan Indonesia selaku Presidensi G20 tahun 2022. Side Event One Health diselenggarakan pada 8 Juni 2022 setelah HWG2 yang dilaksanakan di Lombok pada 6-7 Juni 2022.

Pertemuan RTSE dihadiri oleh delegasi negara anggota G20 dan negara undangan; organisasi internasional (WHO, OIE, FAO, UNEP, AIHSP, Coalition for Epidemic Preparedness Innovation); dan peserta nasional dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, institusi pendidikan, dan mitra pembangunan.

One Health adalah pendekatan terpadu dan bertujuan menyeimbangkan serta mengoptimalkan kesehatan manusia, hewan, dan ekosistem secara berkelanjutan. Pendekatan ini mengakui kesehatan manusia, hewan domestik dan liar, tumbuhan, dan lingkungan yang lebih luas (termasuk ekosistem) terkait erat dan saling bergantung. RTSE OH 2 mengusung topik “One Health Approach to the Prevention, Preparedness, and Response (PPR) Strategy and Capacities” dan RTSE OH 3 “One Health Approach to the Governance”.

Pada kesempatan ini dipresentasikan pengalaman negara-negara dan praktik terbaik dalam implementasi One Health. Pertemuan RSTE OH 2 menekankan  pentingnya pendekatan One Health dalam mengurangi dampak pandemi dan keadaan darurat kesehatan lainnya; serta membangun pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons yang lebih baik untuk menghadapi pandemi di masa depan. Negara-negara perlu mempertimbangkan, menyelaraskan, dan mendukung inisiatif global lainnya dalam pendekatan One Health yang saat ini di bawah koordinasi Quadripartite, seperti One Health Joint Plan of Action dan One Health Intelligence Scoping Study.

Pada pertemuan RTSE 3, Indonesia memaparkan gap mapping analysis dari Self-Questionnaire  Assessment (SAQ) yang telah diisi oleh negara G20 dan negara undangan. SAQ diinisiasi oleh Indonesia dan analisisnya dikerjakan oleh Quadripartite (WHO, FAO, OIE, UNEP). SAQ merupakan alat yang diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap kesenjangan implementasi One Health dan dikembangkan untuk menawarkan beberapa opsi untuk mengisi kesenjangan.

SAQ dapat dipertimbangkan untuk memperkuat alat pemantauan dan evaluasi yang ada, namun tidak dimaksudkan sebagai satu-satunya alat untuk implementasi One Health. Hasil dari SAQ gap mapping analysis akan digunakan sebagai referensi untuk membuat G20 policy brief untuk yang akan dibahas pada pertemuan Side Event One Health.| M

Penulis: Yullita Evarini, Viny Sutriani, Romadona Triada

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button