Media UtamaMei 2022

Persiapan Kesehatan bagi Jemaah Haji

Dinas Kesehatan Kota Bekasi melakukan pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. Fisik dan mental yang sehat sangat diperlukan dalam ibadah haji.

Pemerintah Kota Bekasi akan memberangkatkan 1.258 calon haji dengan 252 calon haji sebagai cadangan dalam musim haji tahun ini. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Nia Aminah Kurniati, menyatakan, ada 616 atau 50 persen dari total calon haji yang berisiko tinggi. “Dari hasil skrining diketahui faktor risikonya di antaranya adalah orang lanjut usia, hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan metabolisme,” kata Nia kepada Mediakom pada Selasa, 31 Mei lalu.

Menurut Nia, jemaah haji yang berisiko tinggi itu bermacam-macam jenisnya. Tidak semuanya berpenyakit berat karena kondisi fisiknya bagus. Sementara itu, untuk jemaah lanjut usia menyesuaikan dengan aturan dari pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia calon haji maksimal 65 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Nia Aminah Kurniati

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan jemaah haji tahun ini, kata Nia, berpedoman pada petunjuk teknis pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji. Tujuannya agar pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji sesuai standar dalam upaya menuju istithaah kesehatan haji. Istithaah kesehatan adalah kemampuan jemaah dalam menjalankan ibadah haji sesuai syariat Islam dari aspek kesehatan, yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. “Langkah yang diterapkan adalah koordinasi lintas sektor pada unit kerja pelaksana penyelenggara haji dan umrah Kementerian Agama Kota Bekasi,” kata Nia.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah membentuk tim kesehatan haji yang terdiri dari jajaran Dinas Kesehatan yang mengelola kesehatan haji dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) Kota Bekasi. Pemeriksaan kesehatan haji dilakukan oleh  dokter dan perawat puskesmas dan dokter spesialis di rumah sakit rujukan.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button