Juni 2022Peristiwa

Jepang Memberi Bantuan 300 Mesin Pendingin Vaksin

Pemerintah Jepang memberikan bantuan kepada Indonesia untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan secara gratis itu berupa 300 mesin pendingin vaksin, 50 kotak pendingin vaksin, dan perangkat pemantauan suhu jarak jauh. Bantuan disampaikan melalui Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF).

Serah terima bantuan dilakukan secara simbolis dari pemerintah Jepang kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta International Container Terminal (JICT) pada Minggu, 26 Juni 2022. Menkes mengapresiasi pemerintah Jepang yang beberapa kali membantu Indonesia selama masa pandemi COVID-19.

“Terima kasih kepada Jepang dan UNICEF yang telah mendukung kami. Selain cold chain equipment, kami juga mendapat dukungan vaksin dari Jepang. Sudah hampir 7 Juta vaksin telah disumbangkan Jepang ke Indonesia dan itu membantu percepatan program vaksinasi kami,” ujar Menkes seperti dikutip dari rilis Kemenkes pada Minggu, 26 Juni 2022.

Menkes mengatakan bantuan dari Jepang sangat diperlukan oleh Indonesia untuk memudahkan distribusi vaksin. Indonesia memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari ribuan pulau sehingga, untuk penyaluran vaksin, membutuhkan perangkat seperti mesin pendingin dan tempat penyimpanan vaksin.

“Selama masa perang dengan virus ini, kita dapat membangun sistem yang sangat kuat, termasuk seluruh sistem logistik dengan minus 82 Celsius. Karenanya kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17 ribu pulau dan 270 juta penduduk Indonesia,” kata dia.

Menkes menuturkan, selain ketersediaan alat, juga dibutuhkan tenaga terlatih untuk memastikan alat dapat terus digunakan serta menjaga vaksin yang didistribusikan tidak rusak. Menkes berharap pemerintah Jepang juga dapat memberikan pelatihan perawatan peralatan kesehatan yang telah diberikan kepada Indonesia.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, mengatakan Jepang siap memberikan pelatihan perawatan dan perbaikan peralatan kesehatan sekaligus mendorong tercapainya vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Jepang akan terus mendukung Indonesia dengan memastikan akses vaksinasi COVID-19 di seluruh negeri,” ucap Kanasugi Kenji.

Kanasugi Kenji menyebutkan bantuan mesin pendingin akan dikirimkan ke Indonesia secara bertahap. Tahap pertama telah tiba di Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022. Untuk selanjutnya akan di distribusikan ke 34 pusat penyimpanan vaksin di 7 provinsi dan 24 kabupaten/kota untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *