Juni 2022Peristiwa

Sistem Informasi Adaptasi bagi Dokter Lulusan Luar Negeri

Para dokter Indonesia lulusan luar negeri kini dapat dengan mudah memperoleh izin praktik di Tanah Air. Mereka dapat mengikuti proses adaptasi secara daring yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan. 

“Sistem Informasi Adaptasi merupakan platform digital yang disediakan untuk mempermudah serta mempercepat proses adaptasi dokter spesialis WNI lulusan luar negeri yang akan melakukan praktik kedokteran di Indonesia,” demikian rilis yang disampaikan dalam website Kemenkes pada 10 Juni 2022.

Aplikasi Sistem Informasi Adaptasi dikembangkan berbasis website. Pengelolaan sistem ini melibatkan Kemenkes bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Konsil Kedokteran Indonesia; Kolegium Dokter Spesialis; Asosiasi Rumah Sakit; dan organisasi profesi dalam Komitmen Bersama Adaptasi.

Dengan adanya sistem daring ini, proses pengajuan adaptasi diharapkan jadi lebih mudah, verifikasi dan penilaian pra-adaptasi jauh lebih cepat dengan estimasi waktu kurang dari 1 bulan.

“Alurnya jelas dan transparan, pendaftar bisa memantau proses pendaftaran secara berkala di website,” kata Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes drg. Arianti Anaya, MKM berharap, selain mempermudah proses adaptasi para dokter Indonesia luar negeri, sistem ini juga dapat membantu pemerintah dalam pemerataan tenaga kesehatan.

“Harapannya ini menjadi gerakan bersama yang tidak hanya dikerjakan oleh pemerintah tetapi bersama-sama dengan health talent Indonesia sehingga akses pelayanan kesehatan di seluruh pelosok Tanah Air semakin merata dan berkualitas,” ujar dia.

Adapun Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, ST., MS.i., mengatakan para dokter Indonesia lulusan luar negeri dapat mengakses pendaftaran di laman https://adaptasi.kemkes.go.id. Setelah masuk ke dalam website, ada keterangan yang menyebutkan layanan ini hanya ditujukan untuk registrasi peserta program adaptasi dokter spesialis WNI lulusan luar negeri. Apabila telah memiliki akun, peserta bisa langsung login dengan menuliskan alamat e-mail dan kata sandi. Jika belum punya akun, peserta akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

JIka belum memahaminya, calon pendaftar bisa terlebih dahulu memilih informasi selengkapnya mengenai program adaptasi yang terdiri dari tiga fase, yakni pra-adaptasi, adaptasi, dan pasca-adaptasi.

“Kami buat sistem ini semudah mungkin. Kami juga telah menyediakan panduannya di dalam website yang bisa dipelajari oleh para diaspora,” ucap Setiaji.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *