Juni 2022Kilas Internasional

Vaksin COVID-19 untuk Anak Kecil

CDC merekomendasikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna bagi anak usia enam bulan hingga lima tahun. Maslahatnya lebih besar.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan vaksin COVID-19 bagi anak kecil usia enam bulan hingga lima tahun. Menurut Direktur CDC, Rochelle P. Walensky, M.D., M.P.H., keputusan ini sejalan dengan rekomendasi yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh Komite Penasihat Praktik Imunisasi CDC (ACIP). Dia berharap rekomendasi ini dapat menjadi jawaban atas kekhawatiran para orang tua yang selama ini ingin melindungi anaknya dari COVID-19 melalui vaksinasi.

“Kami tahu jutaan orang tua dan pengasuh sangat ingin anak-anak mereka divaksin, dan dengan keputusan hari ini mereka bisa (divaksin). Saya mendorong orang tua dan pengasuh untuk berbicara dengan dokter, perawat, atau apoteker lokal mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat vaksinasi dan pentingnya melindungi anak-anak mereka dengan vaksinasi,” kata Walensky dalam rilis lembaganya pada Sabtu, 18 Juni lalu.

Rekomendasi CDC itu baru untuk vaksin buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) telah merekomendasikan vaksin ini untuk keadaan darurat. Menurut CDC, ada sekitar 20 juta anak berusia di bawah lima tahun di Amerika. Selain itu, sekitar empat juta anak berusia 5 tahun telah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Pada November 2021, Amerika telah mulai memberikan vaksin COVID-19 bikinan Pfizer-BioNTech untuk anak berusia 5-11 tahun dengan dosis yang lebih rendah daripada dosis orang dewasa. “Produk vaksin saat ini yang diizinkan untuk digunakan pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak berusia 5-11 tahun tidak boleh digunakan pada anak-anak berusia di bawah lima tahun,” kata CDC dalam dokumen perencanaan operasional vaksinasinya.

Menurut CDC, ada perbedaan dalam penyimpanan dan penggunaan kedua merek vaksin. Vaksin Pfizer-BioNTech nanti akan disimpan dalam wadah bersuhu di bawah 80 derajat Celcius, seperti semua vaksin COVID-19 bikinan Pfizer lain.  Adapun vaksin Moderna disimpan pada suhu di bawah 20 derajat Celcius. Vaksin Pfizer membutuhkan pengenceran dulu sebelum digunakan, sedangkan Moderna tidak.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *