Pojok Info

Berhaji Ketika Masih Pandemi, Apa Saja Persiapannya?

Kerajaan Arab Saudi pada tahun 2022 kembali membuka penyelenggaraan ibadah haji bagi orang di luar kerajaan dengan kuota sebanyak satu juta orang untuk jemaah lokal maupun jemaah dari luar negeri.

Jumlah jemaah haji yang datang dari negara tertentu untuk ibadah haji tahun 2022 akan disesuaikan dengan kuota yang dialokasikan untuk masing-masing negara dan juga mempertimbangkan kepatuhan terhadap semua rekomendasi kesehatan yang ada dan akan dilakukan dengan beberapa regulasi seperti* :

  1. Ibadah haji hanya akan diperbolehkan untuk usia di bawah 65 tahun dan telah menerima jenis vaksin COVID-19 yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.
  2. Jemaah haji dari luar Kerajaan Arab Saudi harus bisa menunjukkan surat keterangan tes PCR negatif COVID-19 minimal 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi.

*)Sumber: Akun resmi Twitter Kementerian Kesehatan Arab Saudi @MoHU_En

Tindakan Pencegahan

Harap selalu mengikuti tindakan pencegahan setiap saat selama berada dan tinggal di dua masjid suci untuk menjaga diri Anda dan orang lain dari penularan virus. Jika jemaah merasakan gejala flu sebelum tanggal pelaksanaan ibadah haji dianjurkan untuk segera berobat ke pusat kesehatan yang disediakan sebelum memasuki dua masjid suci di Mekah dan Madinah. Tetap patuhi protokol kesehatan :

  • Selalu gunakan masker
  • Jaga jarak antar jemaah
  • Cuci tangan secara teratur untuk keamanan bersama
  • Patuhi tanggal izin yang ada di aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna

Sepulang Ibadah Haji

Setelah berjuang dalam melaksanakan ibadah haji, kini saatnya para jemaah pulang ke Indonesia dengan penuh kebahagiaan, namun ketika sudah sampai di rumah beberapa jemaah haji biasanya akan merasakan beberapa masalah kesehatan seperti :

  • Kulit kecokelatan
  • Sakit kepala dan tegang pada pundak dan leher
  • Nyeri dan lelah pada otot tubuh
  • Perubahan jam tidur yang tidak biasa
  • Flu dan radang tenggorokan

Gejala akan hilang seiring waktu.

Jemaah haji harus banyak istirahat ketika sudah pulang dan minum obat penghilang rasa sakit jika dirasa perlu. Saat kembali ke rumah, jemaah disarankan menghindari kontak dengan orang lain ketika memiliki gejala flu dan segera berobat ketika gejala menjadi parah.

Yuk baca majalah mediakom versi digital di MEDIAKOM.

KG Astarengga

Biasanya ada dibelakang komputer kantor

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close