Info SehatJuli 2022

Bunion Si Pengganggu Kaki

Rasa sakit pada kaki dapat disebabkan berbagai hal, dari sepatu terlalu sempit hingga kelainan tulang. Bunion dapat menimbulkan pembengkakan, kapalan, dan nyeri berkelanjutan.

Penelitian yang dilakukan Framingham Foot Study terhadap 6.000 kaki menyimpulkan bahwa gangguan pada kaki diderita oleh 20-60 persen orang dewasa dan dapat menyebabkan rasa sakit saat berjalan. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kebiasaan memakai sepatu yang terlalu sempit, tumit sepatu terlalu tinggi, atau alas sepatu yang tidak nyaman.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 2.179 orang selama 2002-2005 itu, 675 orang (31 persen) menderita bunion dan 154 orang menderita tapak leper. Rata-rata mereka berusia 66 tahun dan 57 persen di antaranya perempuan.

Bunion terbentuk jika ibu jari kaki jadi bengkok atau mengimpit jari di sampingnya sehingga bentuk kaki berubah. Dasar ibu jari kaki mencuat melebihi profil normal kaki ini menimbulkan tonjolan yang dikenal sebagai bunion. Kaum wanita tujuh kali lebih rentan mengalami masalah bunion dibanding laki-laki.

Menurut Mayo Clinic, bunion adalah benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki, yang disebut sendi metatarsophalangeal (MTP). Bunion terjadi ketika beberapa tulang di bagian depan kaki bergerak keluar dari tempatnya. Hal ini menyebabkan ujung jempol kaki tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan menyebabkan sendi di pangkal jempol kaki jadi menonjol.

Selain tonjolan pada sendi, gejala yang dialami penderita bunion adalah pembengkakan, kemerahan, atau nyeri di sekitar sendi jempol kaki; kapalan, yang sering berkembang karena jari kaki pertama dan kedua bergesekan satu sama lain; serta nyeri berkelanjutan atau rasa sakit yang datang dan pergi. Kondisi ini biasanya juga membuat seseorang yang menderita bunion sulit menggerakkan jari kaki, terutama jempol kaki.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *