Agustus 2022Serba Serbi

Mengetahui Seluk-beluk Ban

Beragam jenis ban tersedia di pasaran. Pahami karakteristiknya sebelum membeli.

Ban adalah salah satu komponen vital dalam kendaraan. Para pengendara harus memastikan ban dalam kondisi baik agar aman di perjalanan. Beragam jenis ban tersedia di pasaran. Anda harus memahami karakteristik setiap jenis ban dan memilih yang tepat untuk kendaraan Anda.

Dikutip dari laman Engineering Learn, ban berfungsi memberikan daya cengkeram ke permukaan untuk menghindari selip baik di jalan kering maupun basah. Ban juga memengaruhi hampir setiap faktor kinerja kendaraan seperti pengereman, akselerasi, penanganan, dan kenyamanan.

Sebuah ban setidaknya terdiri dari tujuh komponen utama yang memiliki peran dan fungsi masing-masing. Ketujuh komponen utama itu adalah:

1. Sabuk. Ini adalah lapisan karet rayon, baja, fiberglass, dan bahan lainnya yang terletak di tengah tapak dan lapisan, melintang pada sudut, yang menahan lapisan di tempatnya. Sabuk memberikan ketahanan terhadap tusukan dan membantu tapak bersentuhan dengan jalan.

2. Sipes. Jenis tapak khusus di dalam tapak ini meningkatkan upaya traksi pada permukaan jalan yang berbeda.

3. Tapak. Bagian ini bersentuhan langsung dengan jalan. Tapak harus memiliki kekuatan lebih tinggi dan sifat pembuangan panas yang baik untuk masa pakai ban yang baik.

4. Alur. Ini adalah ruang pada lapisan luar ban yang bersentuhan dengan jalan. Alur memberikan ruang bagi air untuk mengalir dan gesekan.

5. Bahu. Tepi luar tapak ini membungkus ke area dinding samping.

6. Dinding samping. Bagian ban yang terkena lingkungan dan tidak bersentuhan dengan jalan ini berfungsi melindungi lapisan kabel. Di bagian ini tertera tanda serta informasi seputar ban seperti ukuran dan jenis ban.

7. Inner liner. Lapisan terdalam dari ban tubeless ini berfungsi mencegah aliran udara dari dalam ke luar dan sebaliknya.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *