Info SehatNovember 2022

Ketika Si Kecil Mengompol

Anak kecil memang biasa mengompol di malam hari. Bagaimana orang tua sebaiknya menghadapinya? Bagaimana mengenali tanda-tanda masalah medis?

Selain imut dan menggemaskan ada satu hal lain yang identik dengan bayi, yakni mengompol. Ini tentu terjadi karena pada usia tersebut anak belum bisa berbicara, apalagi berjalan sendiri ke toilet. Lantas sampai usia berapakah toleransi seorang anak “boleh” mengompol? “Sebelum usia lima tahun, mengompol pada anak masih dianggap normal. Mengompol bisanya membaik dengan bertambahnya usia,” kata dr. Ninik Soemyarso, Sp.A., sebagaimana dikutip di situs web IDAI.

Menurut Ninik, frekuensi buang air kecil normal pada bayi baru lahir hingga usia satu bulan dapat sampai 20 kali dalam sehari. Seiring dengan bertambahnya usia, maka frekuensi buang air kecil berkurang. Pada saat usia empat tahun, kata dia, sekitar 30 persen anak masih mengompol, sementara yang berusia lima tahun sekitar 10 persen dan pada usia 18 tahun sekitar satu persen.

Mengutip laman HealthyChildren.org, ada tiga alasan seorang anak mengompol. Pertama, komunikasi antara otak dan kandung kemih. Jika kandung kemih memberi sinyal ke otak bahwa ia terisi dengan urin—dan otak tidak mengirimkan pesan kembali ke kandung kemih untuk rileks dan menahan urin—mengompol akan terjadi. Demikian pula jika kandung kemih memberi sinyal ke otak bahwa ia terisi dengan urin dan otak tidak mendengar sinyal tersebut, terutama saat tidur nyenyak, mengompol juga akan terjadi.

Kedua, stres atau trauma. Kondisi ini menjadi faktor pemicu ketika anak-anak mengalami stres atau peristiwa traumatis atau ketika mereka sakit atau sembelit. Ini membuat anak-anak, yang sebelumnya tidak mengompol di malam hari, dapat mengompol. Anak-anak dengan kondisi mengompol jangka pendek seperti ini tidak mengompol lagi bila masalah yang mendasarinya teratasi. Ketiga, masalah medis. meski jarang terjadi tapi ada beberapa anak mulai mengompol akibat masalah medis yang serius.

Menurut Ninik, penyebab medis anak mengompol antara lain adalah apabila anak mengalami infeksi saluran kemih, gangguan struktur ginjal dan saluran kemih, gangguan sistem saraf pada ginjal dan salurannya, sembelit, gangguan tidur (obstructive sleep apnea) yaitu tersumbatnya saluran napas saat tidur, atau gangguan psikologis. Anak yang mengompol di malam hari, kata dia, dapat disebabkan oleh gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, gangguan tidur, dan kecemasan, seperti karena perceraian orang tua, pindah sekolah, atau punya adik baru.

Mengompol di malam hari, kata Ninik, dapat pula disebabkan oleh kelainan genetik, yaitu diturunkan dari satu maupun kedua orang tua, produksi air kemih berlebihan di malam hari akibat hormon antidiuretik berkurang, dan gangguan sistem syaraf daerah kandung kemih atau gangguan kandung kemih neurogenik. Adapun mengompol di siang hari dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, gangguan struktur organ saluran kemih, kontraksi kandung kemih berlebihan, dan pengeluaran urin yang tidak tuntas.

Penanganan

Bagaimana sebaiknya orang tua menghadapi anak yang mengompol? Kids Health menyarankan agar orang tua meyakinkan mereka bahwa mengompol adalah bagian normal dari pertumbuhan dan ia akan segera melewati fase itu. Anda juga dapat menghiburnya dengan menceritakan tentang anggota keluarga lain yang juga mengompol ketika mereka masih seusianya.

Bila anak Anda bangun dengan seprai basah, jangan membentak atau menghukumnya. Mintalah dia membantu mengganti seprai sambil menjelaskan bahwa ini bukan hukuman tetapi bagian dari proses. Jangan lupa untuk memberikan pujian saat anak Anda melalui malam tanpa mengompol.

Cara lain adalah usahakan agar anak minum lebih banyak cairan pada siang hari dan lebih sedikit pada malam hari serta hindari minuman yang mengandung kafein. Ingatkan pula si kecil untuk pergi ke kamar mandi dan buang air kecil sebelum tidur. Dalam banyak kasus, mengompol akan berkurang seiring bertambahnya usia anak. Menjelang remaja, hampir semua anak dapat mengendalikan kandung kemihnya sehingga bisa menghindari mengompol di malam hari. M

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *