Isi PiringkuSeptember 2022

Lempah Kuning, Makanan Khas Bangka Kaya Gizi

Bahan-bahan dalam lempah kuning memiliki banyak manfaat. Lempah kuning berbahan ikan menjadi menu favorit masyarakat Bangka.

Ada sebuah ungkapan yang biasa disampaikan masyarakat Bangka kepada tamu dari luar daerah: “Kalau sudah mencicipi air Bangka, pasti akan kembali lagi ke Bangka”. Sama halnya dengan ungkapan populer itu, masyarakat yang tinggal di pulau di timur Sumatera itu akan kompak menjawab hal yang sama ketika ditanya apa makanan yang paling direkomendasikan untuk dicoba. Lempah kuning adalah jawabannya.

Harlina Eva Susanti dkk. dalam jurnal berjudul “Makanan Tradisional Masyarakat Bangka Belitung “Lempah Kuning”” menyebutkan lempah kuning merupakan hidangan khas Bangka Belitung. Hidangan berbahan utama ikan laut ini berwarna kuning yang berasal dari salah satu bahan dasarnya, yakni kunyit.

Pada laman Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia dijelaskan secara umum lempah kuning dapat diolah dari perpaduan bahan seperti ikan, kunyit, cabe, air asam jawa, garam, lengkuas (laos), belacan (terasi khas dari Toboali, Bangka Selatan), bawang merah dan bawang putih (kadang tidak digunakan). Campuran dari semua bahan tersebut menjadikan lempah kuning memiliki rasa pedas dan asam.

Hampir semua jenis ikan, baik ikan laut maupun air tawar, bisa dibuat menjadi lempah kuning. Jenis ikan air tawar yang umum dibuat sebagai lempah kuning adalah ikan baung, kepatong, seluang, keli, dan gabus. Adapun ikan laut di antaranya tenggiri, kerisi, kakap, kembung, dan tongkol.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *