November 2022Peristiwa

Peringatan HKN ke-58, dari Tabur Bunga hingga Penghargaan buat Nakes

Kementerian Kesehatan menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang jatuh pada 12 November. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Sebagai pembuka, pada 2 November 2022, dilakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

“Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini rutin kami lakukan untuk mengenang jasa dari para pahlawan,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, sebagaimana dikutip dari rilis Kemenkes.

Sehari kemudian dilakukan pembukaan Pameran Teknologi Kesehatan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten. Pameran tiga hari ini menampilkan berbagai hasil kreasi anak negeri di bidang alat kesehatan sekaligus ajang mengenalkan industri kesehatan dalam negeri serta produk-produk dan program-program kesehatan.

Pada 5 November, di lokasi pameran, dilakukan pemberian penghargaan kepada beberapa pihak di antara satuan kerja di Kemenkes, akademisi, sektor swasta, dan lintas sektor yang dinilai berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan Tanah Air.

Kemenkes memberikan 116 penghargaan di 17 kategori sesuai dengan 7 Pilar Transformasi Kesehatan. Dari 17 kategori, 10 di antaranya dari satuan kerja di lingkungan Kemenkes yang merupakan pilar ke-7 yaitu Transformasi Internal dan 7 kategori dari eksternal Kemenkes yang merupakan 6 pilar lainnya.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada seluruh pihak yang telah dan terus membantu pemerintah dalam membangun sistem kesehatan Indonesia dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih sehat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid.

Sehari sebelum upacara HKN ke-58, Kemenkes memberikan penghargaan kepada 220 tenaga kesehatan dan 29 kader posyandu teladan dari 34 provinsi. Penghargaan diberikan langsung oleh Menkes disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada nakes atas jasanya yang luar biasa terutama saat pandemi, yang tidak hanya mengorbankan tenaga dan waktu tetapi juga jiwanya,” ujar Menkes pada 11 November 2022.

Menkes berharap penghargaan itu dapat memacu semangat para nakes untuk melayani masyarakat sehingga dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

Upacara peringatan HKN ke-58 digelar di lapangan Gedung Sujudi, Kantor Kemenkes, Jakarta pada Sabtu, 12 November 2022. Menkes yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai di lingkungan Kemenkes yang telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dalam menangani pandemi COVID-19. Menkes juga berpesan agar HKN ini dijadikan sarana evaluasi terkait perjalanan pembangunan kesehatan yang telah dilakukan selama ini.

Menkes menegaskan peringatan HKN ke-58 bukan sekadar perayaan pertambahan usia, melainkan momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di Tanah Air.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *