Desember 2022Media Utama

Antara Stres Positif dan Negatif

Stres merupakan cara manusia untuk mendapatkan pembelajaran dalam menyikapi sumber stres dengan cara yang positif atau negatif. Bagaimana menghadapinya?

“Duh, gue lagi stres, nih.” Kalimat ini sering diungkapkan oleh seseorang ketika merasa tidak bahagia. Namun, stres sesungguhnya tidak memiliki nilai, baik itu negatif maupun positif. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stres dapat didefinisikan sebagai segala jenis perubahan yang menyebabkan ketegangan fisik, emosional, atau psikologis. Stres adalah respons tubuh seseorang terhadap apa pun yang membutuhkan perhatian atau tindakan. 

Menurut Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi, dr. Fidiansjah, Sp. K.J., stres merupakan cara manusia untuk mendapatkan pembelajaran dalam menyikapi sumber stres dengan cara yang positif atau negatif. Stres bernilai negatif ketika dikonotasikan dengan cara pandang yang negatif yang kemudian dapat disebut dengan distres(distress). Namun. ketika seseorang memandang stres dengan cara positif, maka ia disebut stres positif atau eustres (eustress).

“Dalam bahasa awam sering disalahartikan. ‘Lu kayaknya lagi stres, deh?’ padahal itu lebih tepat disebut distres,” kata Fidiansjah. 

Seseorang dapat mengalami eustres ketika mereka merasa percaya diri dengan kemampuannya untuk memecahkan masalah atau mengatasi suatu situasi. Misalnya, mereka mungkin merasa stres menghadapi ujian tetapi tahu bahwa mereka telah cukup siap untuk dapat melakukannya. Setelah itu, mereka mungkin merasakan pencapaian atau kebanggaan.

Distres dapat terjadi ketika seseorang merasa tidak mampu mengatasi atau keluar dari permasalahannya. Misalnya, jika seseorang belum belajar untuk ujian yang akan datang, mereka mungkin merasa cemas atau panik. Sehingga, kata Fidiansjah, stres adalah sebuah ujian yang dibutuhkan oleh seseorang untuk meningkatkan kualitasnya. “Tanpa adanya ujian kita tidak bisa mengukur adanya peningkatan daya tahan kita.”

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *