Januari 2023Referensi Film

Nostalgia Cinta Pertama

Film 20th Century Girl mengangkat kisah cinta segitiga remaja era 1990-an. Penuh properti jadul seperti kaset, telepon umum, dan pager.

Ketika dihadapkan pada dua pilihan, antara persahabatan atau cinta, kira-kira mana yang akan Anda pilih? Dilema itu juga dihadapi oleh Na Bo-ra, tokoh sentral dalam film drama Korea 20th Century Girl.

Cerita dimulai saat Na Bo-ra dewasa (diperankan Han Hyo-Joo) menerima kiriman paket berisi kaset video. Kisah kemudian bergulir ke masa remaja Na Bo-ra di tahun 1990-an, saat ia masih siswa SMA 17 tahun yang cantik tapi tomboi yang bersahabat dengan Kim Yeon-du (Roh Yoon-seo), yang cantik tapi feminin.

Layaknya sahabat sejati, keduanya selalu berbagi suka dan duka. Yeon-du, yang sedang bersiap ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi jantung, bercerita kepada Na Bo-ra kalau sedang jatuh cinta dengan Baek Hyun-jin (Park Jung-woo), teman satu sekolah mereka. Yeon-du langsung jatuh cinta pada Hyun-jin saat lelaki itu membantunya ketika tangannya terluka di toko Ibunya.

Bo-ra, yang setia kawan, pun mencari tahu segala hal tentang Hyun-Jin, seperti tinggi badan, hobi, lagu favorit, dan sebagainya. Informasi itu dia sampaikan kepada Yeon-du melalui surat elektronik.

Bo-ra akhirnya berhadapan dengan Poong Woon-ho (Byeon Woo-seok), sahabat Hyun-jin, ketika keduanya terpilih masuk klub penyiaran. Bo-ra dan Woon-ho diam-diam saling memperhatikan. Di sinilah kesalahpahaman dimulai. Pada awalnya, baik Hyun-jin maupun Woon-ho mengira Bo-ra menyukai Hyun-jin karena Bo-ra rajin bergerilya menyelidiki segala hal tentang Hyun-jin.

Hyun-jin kemudian menyatakan perasaannya kepada Bo-ra tapi ditolak. Saat itu, Bo-ra justru menyadari punya perasaan terhadap Woon-ho. Bo-ra dan Woon-ho kemudian sering terlihat bersama, apalagi setelah Woon-ho juga bekerja paruh waktu di dekat toko penyewaan cakram digital (cd) milik ayah Bo-ra.

Puncaknya, Yeon-du melihat Bo-ra bersama dengan Hyun-jin dan Woon-ho. Konflik pun pecah karena ternyata sosok Hyun-jin yang dimaksud oleh Yeon-du adalah Woon-ho. Bo-ra pun jadi serba salah hingga akhirnya memilih untuk menghindari Woon-ho. Sementara itu, Woon-ho harus kembali ke Selandia Baru untuk tinggal bersama ibu dan adiknya, Joseph.

Separuh terakhir film ini menggambarkan konflik di dalam diri tokoh, persahabatan, dan cinta di antara mereka. Kekuatan persahabatan Bor-a dan Yeon-du pun diuji. Penonton juga akan berhadapan dengan akhir yang tidak terduga.

Selain temanya yang ringan tapi menarik, tampilan visual sepanjang film bisa mengobati rindu penonton terhadap suasana 1990an. Gambaran era 1990-an ini muncul dalam penggunaan properti jadul, seperti koin, kaset, telepon umum, pager, hingga bangunan lawas.

Akting segar para pemain dan karakter kuat yang dibawakan oleh mereka bisa membawa penonton larut dalam suasana yang dibangun sutradara Bang Woo-ri. Film ini cocok ditonton Anda yang ingin bernostalgia dengan kisah cinta pertama di tahun 1990-an.

Judul: 20th Century Girl

Sutradara: Bang Woo-ri

Penulis Naskah: Bang Woo-ri

Durasi: 121 Menit

Produksi: Yong Film

Rilis: 21 Oktober 2022, Netflix

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *