Desember 2022Isi Piringku

Pecel, Saladnya Indonesia

Pecel adalah makanan tradisional yang disukai berbagai kalangan masyarakat. Mendapat pengakuan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Penulis: Resty Kiantini

Siapa yang tidak kenal pecel? Makanan tradisional ini dikenal dengan cita rasanya  yang enak, bergizi, dan banyak orang yang menjualnya. Dari artikel jurnal Intan Ayu Puspita Sari, Bintang Kartika Wahyu, Putri Utami Usfah, Renanda Miftachul Fauziah dan Salim Nabhan yang berjudul “Produk Olahan Sehat Pecel Sangrai Desa Tulangan” (2019) disebutkan bahwa pecel adalah kuliner ndeso yang merupakan makanan sejuta umat, banyak yang menjualnya, dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dilansir dari jatim.antaranews.com, makanan khas Kota Madiun, Jawa Timur, ini mendapat pengakuan sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada ajang East Java Tourism Award (EJTA) yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur pada 10 Desember 2022.

Konsep pecel hampir mirip dengan salad internasional. Keduanya menggunakan sayuran sebagai bahan utama dan menggunakan dressing (saos). Perbedaannya adalah pecel tidak menggunakan mayones sebagai dressing melainkan saus dengan bahan dasar kacang tanah. 

Dra. Elly Lasmanawati dalam artikel ilmiahnya yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (2009) menyebutkan pecel mirip dengan salad Eropa. Salad dibuat dari sayuran segar yang disiram dengan mayones, sedangkan pecel terbuat dari sayuran yang direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan saus kacang.

Elly mengatakan beberapa daerah di Indonesia memiliki pecel dengan ciri khas masing-masing. Di Banyumas, misalnya, pecel dibuat dari sayuran yang beraroma kuat seperti petai cina (lamtoro) dan irisan bunga kecombrang yang telah dikukus. Aneka jenis pecel dari berbagai daerah  ditulis Umar Santoso, Murdijati Gardjito, dan Harmayani (2019) dalam bukunya Makanan Tradisional Indonesia (Seri 2):

1. Pecel Madiun

Pecel madiun berbeda dengan pecel daerah lain, dari sayuran yang digunakan sampai saus kacangnya. Sayuran yang digunakan adalah taoge pendek, bayam, kenikir, kangkung, kacang panjang, kembang turi, kecipir, dan yang wajib ada adalah petai cina (lamtoro).

2. Pecel Ndeso

Pecel khas Solo ini memiliki keunikan pada saus kacangnya. Biasanya saus pecel berwarna cokelat kemerahan, sedangkan pecel ndeso disajikan dengan sambal yang berwarna kehitam-hitaman karena menggunakan wijen hitam.

3. Pecel Semanggi

Pecel semanggi berasal dari Surabaya, yang saat ini semakin langka. Pecel ini menggunakan daun tanaman semanggi yang sudah sulit dicari.

4. Katupe Pical

Nama lain makanan khas Minangkabau ini adalah ketupat pecel. Diberi nama seperti itu karena dibuatnya dari ketupat yang disajikan bersama mi, sayuran rebus, dan disiram dengan saus kacang. Yang istimewa dari pecel ini adalah terdapat jantung pisang dan mi yang tidak ada di olahan pecel dari daerah mana pun.

5. Pecel Aceh 

Pecel aceh menggunakan sayuran kangkung, kacang panjang, dan taoge rebus yang disiram dengan saus kacang Serta disajikan dengan kerupuk merah.

Pecel yang terbuat dari bahan dasar sayuran dikenal sebagai makanan sehat, mengandung banyak vitamin dan serat. Dikutip dari organisasi.org, kandungan gizi pecel adalah energi 243 kkal; protein 11,14 kkal; karbohidrat 31,72 gram; lemak 12,53 gram; kalsium 267 mg; fosfor 333 mg; dan zat besi 3,54 mg. Sedangkan vitamin yang dikandung pecel adalah vitamin A 10978 IU; B1 0,28 mg; dan vitamin C 212 mg.

Tertarik membuat pecel? Inilah resep dan cara membuat pecel madiun seperti dilansir tirto.id.

Bahan saus kacang:

-300 gr kacang tanah yang digoreng kemudian ditumbuk kasar.

-4 buah cabe merah.

-10 buah cabe rawit.

-5 siung bawang putih.

-3 sendok teh terasi.

-20 lembar daun jeruk purut yang dibuang tulang daunnya.

-2 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air.

-2 sendok makan minyak goreng.

-Garam secukupnya.

-Gula aren/merah secukupnya.

-Air matang secukupnya.

Bahan pelengkap:

-Aneka sayuran rebus: kangkung, kol, sawi, taoge, kecambah, kembang turi, daun singkong, daun pepaya (jika suka pahit), dan kenikir.

-Serundeng kelapa, kering tempe, rempeyek, petai cina (lamtoro), dan daun kemangi. 

-Lauk pauk: tempe goreng, telor goreng, daging empal, dan lainnya.

Cara membuat:

-Panaskan minyak lalu tumis cabe merah, cabe rawit, bawang putih, dan terasi hingga layu.

-Haluskan bahan yang sudah ditumis bersama daun jeruk purut, garam, dan gula aren.

-Masukkan kacang goreng tumbuk lalu aduk rata. Tambahkan air matang dan air asam jawa, kemudian aduk rata hingga menjadi adonan kental.

-Tuangkan saus kacang yang sudah diseduh dengan air panas di atas aneka sayuran rebus, lalu taburi serundeng kelapa, lamtoro, dan daun kemangi.

-Pecel siap disajikan bersama nasi putih atau lontong serta rempeyek dan aneka lauk sesuai selera.

PULL OUT

Pecel dikenal sebagai makanan sehat, mengandung banyak vitamin dan serat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *