Serba Serbi

Serba-serbi

Kini Indonesia Memiliki 38 Provinsi

Penambahan provinsi di Indonesia timur bertujuan mempercepat pemerataan pembangunan di Papua dan melayani masyarakat Papua dengan lebih baik.

Penulis: Resty Kiantini

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua di Kantor Kementerian Dalam Negeri pada 11 November 2022. Seperti dikutip dari setkab.go.id, tiga DOB Papua diresmikan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Provinsi Papua Pegunungan. 

Dalam peresmian tersebut sekaligus dilakukan pelantikan tiga penjabat (Pj) gubernur yaitu Apolo Safanpo sebagai Pj. Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk untuk Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo untuk Papua Pegunungan. Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/P Tahun 2022 tertanggal 10 November 2022 yang di dalamnya terdapat klausul bahwa penjabat gubernur paling lama menjabat selama satu tahun.

Dikutip dari situs web DPR RI, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan penambahan provinsi di Indonesia bagian timur dimaksudkan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Papua dan untuk melayani masyarakat Papua dengan lebih baik. Pemekaran wilayah itu juga bertujuan meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di Papua. 

Papua Selatan (Ha Anim) akan menjadikan Merauke sebagai ibu kota, ibu kota Papua Tengah (Meepago) adalah Timika, dan ibu kota Papua Pegunungan (Lapago) adalah Wamena. Papua Selatan memiliki 4 kabupaten yaitu Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat. Papua Tengah terdiri dari 8 kabupaten yaitu Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya, dan Deiyai. Adapun Papua Pegunungan memiliki 8 kabupaten yaitu Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya, dan Nduga.

Tiga DOB Papua diresmikan menyusul dibentuknya Provinsi Papua Barat Daya pada 17 November 2022 dengan ibu kota Sorong. Provinsi ini memiliki 6  kabupaten yaitu Sorong, Sorong Selatan, Raja Ampat, Tambrauw, Maybrat, dan Kota Sorong. 

Puan berharap dengan penambahan 4 provinsi Papua ini maka pelaksanaan yang terkait dengan sosial, ekonomi, pendidikan serta kesejahteraan rakyat lebih merata dan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *