Isi PiringkuJanuari 2023

Tumis Labu Jipang Aceh

Labu siam adalah sayur yang murah dan banyak dijumpai di pasar. Tak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, daunnya pun dapat diolah menjadi sayur

Labu siam atau Sechium edule termasuk jenis sayur yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini termasuk dalam jenis labu-labuan yang dikenal dengan nama Chayote. Walaupun berasal dari Meksiko, di Indonesia tumbuhan ini lebih dikenal dengan labu siam karena didatangkan dari Thailand (Siam) oleh Belanda di masa penjajahan.

Labu siam adalah sayur yang murah dan banyak dijumpai di pasar. Labu siam memiliki berbagai nama di sejumlah Daerah seperti waluh siam di Jawa Barat, waluh jipang di Jawa Tengah, manisah di Jawa Timur, ketimun jepang di Sulawesi Utara, dan labu jipang di Aceh.

Ramadhani Chaniago dalam bukunya Ragam Olahan Sayur Indigenous Khas Luwuk (2019) menyebutkan labu siam merupakan tanaman merambat yang panjangnya bisa mencapai beberapa meter. Akar tanamannya berbentuk umbi, daunnya lebar, dan pinggir daun tidak merata menurut tulang daunnya.

Bunganya ada yang jantan dan betina. Bunga jantan berbentuk kecil, sedangkan betina bentuknya lebih besar dan bulat. Buahnya memiliki daging yang tebal, bergetah, berbiji satu, dan mengandung banyak air. Warna buahnya keputih-putihan dan daging buahnya putih bersih.

Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, tetapi daunnya juga dapat diolah menjadi sayur. Jika dimasak, tekstur buahnya empuk dan rasanya manis. Buahnya bisa direbus sebentar untuk menghilangkan getahnya lalu dimakan bersama sambal terasi sebagai lalapan atau dapat juga dimasak dengan cara ditumis. Pada hari raya biasanya labu siam dimasak dengan santan sebagai pelengkap ketupat. Sedangkan pucuk daun labu siam yang masih muda dapat dimakan sebagai lalapan dan dibuat urap atau sayur bobor (santan).

Labu siam memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Farah Rizki, S.Gz dalam bukunya The Miracle of Vegetables (2013) menyebutkan labu siam adalah sumber vitamin B Kompleks dan asam folat dalam pembentukan DNA, sel darah merah, dan sel darah putih. Asam folat juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk menurunkan risiko kelahiran bayi cacat. Tidak hanya itu, labu siam juga memiliki kandungan gizi lainnya yang  baik untuk tubuh.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *