5 Asupan Terbaik Usai Olah Raga
Info Sehat - 83 view


5 Asupan Terbaik Usai Olah Raga

Olah raga sudah menjadi gaya hidup yang tidak terlepas dari masyarakat modern. Faktanya, olah raga memang mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya setelah berolah raga, beberapa orang justru malah mengkonsumsi makanan yang dapat merusak fungsi dari olah raga itu sendiri. 

Karenanya sangat penting bagi kita untuk mengenali asupan nutrisi apa saja yang baik dikonsumsi setelah melakukan aktivitas olah raga. Dalam mengkonsumsi makanan atau minuman seusai berolah raga memang tidak boleh sembarangan karena tubuh kita memerlukan berbagai asupan nutrisi guna menyeimbangkan serta membantu memulihkan jaringan otot–otot pascaolahraga. 

Dilansir dari laman nationalgeographic.grid.id, berikut beberapa makanan yang mampu mengembalikan kondisi tubuh setelah berolahraga:

 

  • Telur Rebus 

 

Telur rebus mengandung kaya asam amino yang bak bagi otot, kulit, dan jaringan tubuh. Telur secara alami menjadi sumber protein yang mampu memperbaiki fungsi otot tubuh.  Seperti yang dilansir dari laman nationalgeographic.grid.id, bahkan bukan hanya putihnya juga harus dimakan.  “Kuning telur mengandung nutrisi penting bagi kesehatan otak dan tulang” kata ahli gizi, Angie Asche. 

 

Di sisi lain kekhawtiran akan dampak mengkonsumsi teur dapat menimbulkan peningkatan kolesterol tidak sepenuhnya tepat. Menurut riset dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan konsumsi 1 butir telur setiap hari tak akan menimbulkan peningkatan resiko serangan jantung dan masalah kolesterol. Dengan kandungan berbagai nutrisi di dalamnya, telur dapat menjadi salah satu menu ideal yang dapat dikonsumsi setelah aktivitas berolahraga. 

 

 

  • Ikan

 

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3, dalam ikan mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, dilansir dari laman nationalgeographic.grid.id, ikan yang berlemak mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi. Bahkan penelitian yang dipublikasikan pada Clinical Journal of Sports Medicine, menemukan fakta bahwa asam lemak omega 3 juga mampu meredakan rasa nyeri seusai melakukan aktivitas olah raga. Oleh karena itu, ikan dapat menjadi menu pilihan asupan nutrisi bagi anda setelah melakukan aktivitas berolah raga. 

 

  • Buah-buahan 

 

Jenis buah yang baik dikonsumsi setelah berolah raga seperti pisang, nanas, papaya apel, pir, cherry, berry dan alpukat. Buah-buahan tersebut mengandung banyak gizi, mulai dari potassium, vitamin, mineral, lemak, protein, hingga karbohidrat. Kandungan nutrisi yang kaya dalam buah-buahan dapat menjadi menu pilihan untuk dikonsumsi setelah berolah raga. 

 

  • Umbi-umbian 

 

Dilansir dari laman Kompas, dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics memaparkan bahwa dengan makan 7 ons umbi panggang, 75 menit sebelum olah raga meningkatkan performa pelari. Pelari yang mengonsumsi umbi-umbian panggang, lari 3% lebih cepat untuk rute 5K, dan di beberapa meter terakhir mereka bisa berlari 5% lebih cepat. 

 

  • Yogurt

 

Saat berolah raga dan merasakan otot terasa mulai melemah, sebaiknya Anda konsumsi yogurt dengan kandungan protein tinggi. “Yogurt merupakan sumber protein yang baik setelah berolahraga,” kata Angie Asche, Ahli Gizi sebagai mana yang telah dilansir dari laman nationalgeographic.grid.id

 

Penulis: Tia Mutiara 

Editor : Prima Restri


Index ePaper Download PDF ePaper