9 Kiat Agar Tetap Sehat Saat Travelling
Info Sehat - 225 view


Berwisata atau travelling menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Kegemaran berwisata yang kekinian inipum didorong oleh kian maraknya unggahan foto-foto destinasi wisata indah di media sosial. Saat berwisata, kita perlu menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Pastinya kita tidak mau liburan kita terganggu karena tiba-tiba kita sakit saat sedang menikmati traveling.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kita saat traveling:

  1. Persiapan yang matang

Sebelum kita melakukan berwisata, ada baiknya kita melakukan cek kondisi tempat tujuan kita. Apakah tujuan kita merupakan daerah bersuhu panas atau dingin, bagaimana cuaca disana saat tanggal kedatangan kita, bagaimana suhunya. Saat ini banyak terdapat aplikasi di ponsel untuk melakukan pengecekan suhu dan cuaca di suatu daerah. Jika kita ke daerah bersuhu panas, persiapkan baju yang bisa menyerap keringat dengan baik, jangan lupa membawa tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari terlalu lama. Sebaliknya jika kita ke daerah yang bersuhu dingin, pastikan membawa pakaian tebal dan jaket untuk menjaga tubuh kita tetap hangat, bawalah pelembab kulit, karena udara dingin dapat membuat kulit menjadi kering.

  1. Memakai alas kaki yang nyaman

Seringkali saat berwisata, kita harus berjalan cukup jauh menjangkau obyek wisata yang dituju. Untuk menghindari keletihan yang berlebihan di kaki, gunakan sepatu atau sandal yang nyaman, hindari sepatu atau sandal yang memiliki hak tinggi. Pilih alas kaki yang memiliki sol yang empuk dan tidak sempit, sehingga kali jari kaki bisa leluasa bergerak.

  1. Cukup minum air putih

Dalam laman https://doktersehat.com disebutkan, idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urin orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi air yang Anda minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Saat travelling, kita seringkali lupa untuk minum air, akibatnya tubuh dehidrasi dan terasa lemas. Jadi, jangan lupa sediakan selalu botol berisi air mineral di dalam tas.

  1. Biasakan mencuci tangan

Dalam program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) yang diluncurkan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, mencuci tangan merupakan salah satu indikator program PHBS yang bertujuan untuk menjaga kesehatan melalui kebersihan tangan, terutama saat kita mengkonsumsi makanan/minuman,  untuk menjaga agar tidak ada bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Karena saat traveling, dengan banyaknya aktifitas, kondisi tubuh kita akan menurun sehingga bakteri dan virus yang masuk dapat dengan mudah mengganggu kesehatan kita. Jika perlu, bawalah hand sanitizer yang berbentuk cairan ataupun tissue basah, sehingga sewaktu-waktu kita dapat membersihkan tangan.

  1. Jangan sepelekan sarapan

Karena ingin mengejar momen matahari terbit pagi hari, seringkali kita melupakan sarapan, Anda bisa sarapan sambal melewati momen ini. Sarapan sangat penting untuk menjaga agar tubuh kita memiliki cukup energi untuk beraktifitas. Menurut Jansen Ongko, M.Sc, RD, seorang praktisi gizi kebugaran seperti yang di lansir dalam laman https://hellosehat.com menyatakan “Sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan, dan makan malam”.

Jadi jika kita ingin berangkat pagi-pagi sekali, siapkanlah sarapan malam sebelumnya, misalkan membawa roti gandum dan susu segar kemasan, atau menyiapkan buah yang mudah dibawa misalkan apel. Siapkan juga kudapan yang memiliki kandungan energi yang cukup tinggi, misalkan biskuit gandum, kurma.

  1. Menjaga pola makan

Mengunjungi tempat baru, belum sempurna jika kita tidak mencoba kuliner khas daerah tersebut. Namun harap berhati-hati, cek dulu kebersihan tempat kuliner yang kita inginkan, dan terkadang kuliner daerah belum tentu cocok dengan perut kita, salah-salah kita malah diare. Juga perlu diingat, kita tetap perlu menjaga keseimbangan asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh kita. Hindari juga minuman dengan kadar gula dan lemak yang tinggi, imbangi dengan makan buah-buahan segar,agar tubuh kita tetap cukup serat, jangan sampai setelah traveling, berat badan kita malah bertambah karena terlalu banyak mencoba kuliner daerah. Terapkan kebiasaan makan Isi Piringku, yang dicanangkan oleh Kemenkes RI, yaitu porsi makan terbagi menjadi 50 persen buah dan sayuran, 25 persen lauk, 25 persen karbohidrat.

  1. Istirahat yang cukup

Kesenangan saat traveling, jangan sampai membuat kita melupakan istirahat. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan agar tubuh kita tetap fit saat beraktifitas keesokan harinya. Jadi pastikan agar tubuh kita mendapat istirahat yang cukup.

  1. Lakukan peregangan setiap pagi.

Sebelum kita berangkat mengunjungi tempat-tempat yang menarik, ada baiknya kita melakukan peregangan terlebih dahulu. Lakukanlah peregangan saat bangun tidur, agar tubuh kita siap melakukan aktifitas sepanjang hari.

  1. Sedia P3K pribadi

Untuk berjaga-jaga, siapkanlah obat-obatan yang umum misalkan, obat anti diare, penurun panas, obat luka, plester, minyak angin. Siapkan pula vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

Nah Sobat Sehat, dengan melakukan tips di atas, kita dapat menjaga kesehatan kita selama travelling. Ingat, berwisata hanya bisa dinikmati saat tubuh kita fit, segar, dan bugar. Salam Sehat.

 

Penulis : Ferri Satriyani

Editor : Prima Restri


Index ePaper Download PDF ePaper