Ada Apa dengan COVID-19?
Etalase - 95 view


“Ada Apa dengan COVID-19 (AADC)” menjadi tema Mediakom edisi ke-116 yang diterbitkan pada Maret 2020.

Tema virus corona ini kembali diangkat salah satunya karena perhatian masyarakat yang begitu besar terhadap penyakit ini, dan setiap hari selalu ada perkembangan terbaru.

Redaksi mencoba lebih dalam menggali tentang penyakit yang disebabkan oleh virus SARS COV-2 ini. Menggambarkan cara penularannya hingga sampai ke Indonesia bahkan menginfeksi hampir di berbagai belahan dunia.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin maupun obat untuk mengatasi penyakit yang pertama muncul di Kota Wuhan, China ini. Oleh karena itu, mencegah adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Jika pada edisi Januari Redaksi mengangkat kesiapsiagaan Kementerian Kesehatan dalam mengantisipasi penyakit COVID-19, maka dalam edisi kali ini upaya pencegahan dengan melibatkan masyarakat diuraikan secara mendalam. Mulai dari pengenalan protokol-protokol COVID-19, rapid test untuk menghentikan laju penyebaran, hingga proses penanganan secara medis bagi orang dengan status ODP hingga dinyatakan positif.

Ada juga kisah para pejuang medis di garda terdepan dalam merawat pasien COVID-19. Simak perjuangan yang harus mereka lakukan setiap hari hingga harus mengisolasi diri dari keluarga.

Singkat kata, Mediakom 116 merupakan edisi khusus mengenai COVID-19, sehingga ada banyak bahasan seputar pandemi. Oleh karena itu, Redaksi memutuskan untuk tidak menampilkan sejumlah rubrik agar ruang pembahasan COVID-19 menjadi lebih luas. Diharapkan, kejelasan informasi mengenai COVID-19 dapat diterima masyarakat dengan baik.

Dalam rubrik Potret kali ini ditampilkan fasilitas perawatan bagi pasien COVID-19 di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta yang merupakan salah satu RS rujukan nasional dalam menangani pasien positif. Sementara itu, untuk Profil kita akan bertemu dengan sosok yang setiap hari selalu tampil di televisi untuk mengumumkan perkembangan kasus COVID-19, dr. Achmad Yurianto, Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Kemenkes yang baru sekaligus juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19.

Info Sehat, Serba-Serbi, Kilas Internasional dapat ditemui pembaca seperti biasa. Begitu pula dengan Resensi Buku dan Resensi Film, hadir dengan ulasan yang sederhana, tapi renyah dibaca.

 

Selamat membaca!

 

Salam Redaksi


Index ePaper Download PDF ePaper