Agar Kaki Tak Lecet Saat Memakai Sepatu Baru
Serba Serbi - 182 view


Memakai sepatu baru yang sudah diidam-idamkan adalah hal yang menyenangkan. Namun, saat memakai sepatu baru, tak jarang kaki kita mengalami lecet atau sakit, yang membuat kita tidak nyaman saat berjalan. Biasanya hal ini terjadi karena bahan sepatu masih kaku dan keras, sehingga saat bergesekan dengan kulit menimbulkan lecet.

 

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan agar kaki kita tidak lecet saat memakai alas kaki baru? Berikut beberapa tips agar kaki terhindar dari lecet saat memakai sepatu baru.

 

Menggunakan Plester

Menurut laman Halodoc, menggunakan plester pada kaki adalah salah satu cara yang sederhana untuk memperkecil kemungkinan kaki lecet saat memakai sepatu baru. Caranya mudah sekali, yaitu dengan menempelkan plester atau perekat luka pada bagian yang sering terjadi lecet, seperti pada tumit dan jari-jari kaki.

 

Menggunakan Kaos Kaki

Seperti dilansir dari IDN Times, cara sederhana lain untuk menghindari kaki lecet saat menggunakan sepatu baru adalah dengan menggunakan kaos kaki. Dengan memakai kaos kaki terlebih dahulu dapat meminimalisir gesekan langsung antara kaki dan permukaan sepatu, sehingga dapat menghindari terjadinya lecet pada kaki.

 

Mengaplikasikan Losion atau Pelembab

Dikutip dari laman Halodoc, menghindari kaki lecet saat memakai sepatu baru dapat dilakukan dengan menggunakan losion atau pelembab yang mengandung Vitamin E atau Lidah Buaya. Penggunaan losion atau pelembab akan melembabkan kulit dan membuat kulit tidak gampang teriritasi. Dengan begitu kaki akan terhindar dari lecet atau sakit.

 

Gunakan Deodoran

Untuk mencegah gesekan antara kaki dan permukaan sepatu, melansir dari laman kumparan.com, dapat dilakukan dengan mengoleskan deodoran pada bagian tumit kaki. Seperti halnya losion, tekstur deodoran yang lembut dan licin mampu membantu menghindari terjadinya gesekan sehingga mencegah kaki menjadi lecet.

 

Memanaskan Sepatu dengan Hair Dryer

Selanjutnya, dikutip dari Halodoc, kita juga bisa menghindari lecet dengan melebarkan ukuran sepatu terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan memanaskan sepatu menggunakan hair dryer atau pengering rambut. 

Caranya, nyalakan hair dryer hingga menghasilkan suhu panas. Kemudian lakukan gerakan berputar ke dalam sepatu dan lakukan hingga sepatu memuai. Setelah ukuran sepatu dirasa sudah sesuai dengan ukuran kaki, diamkan sampai sepatu tidak lagi lemas dan mengeras.

 

Menaburkan Bedak

Masih mengutip dari Halodoc, menghindari kaki lecet saat mengenakan sepatu baru bisa dilakukan dengan menaburkan bedak pada kaki. Caranya, taburkan bedak pada kaki secara perlahan dan usapkan ke seluruh bagian kaki mulai dari telapak hingga ke sela-sela jari kaki.

Itu adalah beberapa tips yang dapat dilakukan jika ingin menghindari kaki lecet saat menggunakan sepatu baru. Dengan begitu, Anda tetap bisa tampil gaya, namun tetap nyaman. Selamat mencoba!

 

Penulis: Faradina Ayu

Editor: Sopia Siregar


Index ePaper Download PDF ePaper