Aplikasi Pintar Ini Mudahkan WFH
Serba Serbi - 98 view


Beberapa aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan dari rumah. Penggunaannya pun sangat mudah. 

 

Semakin cepat peningkatan teknologi, maka peradaban manusia juga dituntut untuk lebih mengikuti perkembangan teknologi itu sendiri. Masyarakat lantas dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam bekerja apalagi di masa pandemi ini. Para pekerja mulai bekerja dari rumah (Work From Home), dengan memanfaatkan jaringan internet.  

 

Situasi ini memungkinkan para kerja untuk memanfaatkan berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan selama dari rumah. Berikut beberapa aplikasi ponsel yang dapat digunakan dalam membantu pekerjaan yaitu:

  1. Microsoft office

Aplikasi Microsoft office merupakan produk dari perusahaan Microsoft. Fungsinya sama dengan Microsoft Office yang ada di komputer, terdiri dari program Microsoft Word untuk keperluan pembuatan surat, Microsoft Excel untuk pembuatan grafik dan data yang berhubungan dengan angka, Microsoft Power Point digunakan untuk presentasi, dan Microsoft Acces untuk mengakses software database.

  1. Evernote

Evernote merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai buku catatan digital. Dengan evernote, kita tidak perlu lagi membawa buku catatan kemana-mana, cukup membawa ponsel saja. Dalam laman spacestock dijelaskan evernote memiliki beberapa fitur penunjang seperti fitur untuk mengubah font, membuat point, merekam audio, video, dan foto selama pertemuan untuk melengkapi catatan.

  1. Zoom

Aplikasi zoom merupakan aplikasi meeting online yang menjadi sangat populer saat masa pandemi, dimana banyak karyawan yang melaksanakan WFH sehingga tidak dapat melakukan pertemuan secara langsung. Tidak hanya karyawan, aplikasi zoom juga dipakai oleh dosen dan guru untuk pembelajaran secara online. Dijelaskan dalam laman triknet.com, zoom memiliki beberapa fitur diantaranya :

  1. Rapat one-on-one.

Dalam zoom, kita dapat menyelenggarakan rapat pribadi dengan klien bahkan dengan paket gratis.

  1. Grup rapat.

Kita dapat melakukan rapat dengan banyak orang dengan fitur ini. Untuk paket gratis, zoom menyediakan waktu 40 menit dengan jumlah peserta terbatas 100 orang saja. Kita dapat menambah jumlah peserta dengan waktu tak terbatas dengan berlangganan paket berbayar.

  1. Berbagi layar dan pesan.

Zoom menyediakan fitur berbagi layar saat rapat berlangsung, sehingga peserta rapat dapat melihat apa yang kita lihat, hal ini mempermudah kita untuk melakukan presentasi. Fitur berbagi pesan juga dapat digunakan untuk berkomunikasi tanpa mengganggu jalannya presentasi.

  1. Fitur rekaman.

Dengan fitur ini, kita dapat merekam jalannya pertemuan, sehingga dapat menbantu notulensi jika ada yang terlupa.

  1. Tiny Scanner

Terkadang kita membutuhkan dokumen dalam bentuk soft copy secara mendadak. Dengan Tiny Scanner, mengubah dokumen dalam bentuk hard copy menjadi soft copy menjadi lebih mudah. Tiny Scanner memanfaatkan fitur kamera ponsel untuk mengambil gambar dokumen dan merubahnya menjadi format pdf, sehingga kapan saja kita membutuhkan, kita dapat melakukan scan dokumen kita tanpa perlu repot mencari mesin scanner.

  1. Trello

Trello merupakan aplikasi kolaborasi yang memungkinkan kita untuk mengatur beberapa proyek dalam satu tempat. Dalam laman niagahoster.co.id dijelaskan bahwa Trello diibaratkan seperti papan tulis yang penuh dengan stiky notes yang berisi tugas pribadi maupun tugas tim secara keseluruhan. Dengan menggunakan Trello, kita dapat mengatur tugas kita dan tim, serta dapat memantau sejauh mana tugas telah dikerjakan. Trello memiliki fitur seperti boards, dimana boards berisi rincian tugas yang sedang dikerjakan bersama, dan setiap orang yang terlibat dapat melihat boards tersebut. Fitur lainnya yaitu cards, yang berguna untuk menampilkan tugas atau ide-ide. Misalkan catatan tugas yang harus dikerjakan, atau kebijakan perusahaan.


Index ePaper Download PDF ePaper