Bahan Alami Mencuci Sayuran dan Buah-buahan
Serba Serbi - 349 view


Sebelum mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, tentu saja kita harus membersihkannya terlebih dahulu. Kandungan kimia pestisida ataupun bakteri mungkin saja masih menempel di sayuran dan buah-buahan. Karena itu, untuk menjaga kebersihan dan sterilnya sayuran dan buah-buahan, mencuci dengan air mengalir saja belum tentu cukup. 

Dikutip dari laman Live Science, Spesialis Keamanan Pangan dari North Carolina State University, Benjamin Chapman, mengatakan sayuran dan buah-buahan memang bisa dicuci hanya dengan air bersih yang mengalir. Jika mencuci sayuran dan buah-buahan dengan sabun justru dapat menyebabkan sakit perut yang berbahaya. 

“Itu (mencuci dengan air mengalir) dapat menghilangkan 90 sampai 99 persen (kontaminasi apapun). (Kalau mencuci dengan sabun), Bisa menyebabkan mual dan sakit perut. Ini bukan senyawa yang benar-benar dibuat untuk perut kita,” kata Chapman. 

Mencuci sayuran dan buah-buahan memang terbukti efektif mencegah kontaminasi zat asing yang menyebabkan keracunan makanan dengan mengurangi residu pestisida dan mikroorganisme tertentu, seperti virus, jamur, parasit, dan bakteri, misalnya salmonella, listeria, dan E. coli. Akan tetapi, apabila dirasa sayuran atau buah-buahan masih belum begitu bersih setelah dicuci dengan air mengalir, ada beberapa bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat kotoran sebagai berikut:

 

1. Air Cuka

 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal penelitian Food Control, terbukti bahwa pencuci buah dan sayur dari larutan air cuka dapat menghilangkan residu pestisida.

Dr. Floyd Woods and Dr. Joe Kemble, keduanya merupakan profesor hortikultura di Universitas Auburn, mengatakan kepada Best Food Facts bahwa cuka merupakan bahan yang aman digunakan untuk membersihkan berbagai macam sayur dan buah. 

Namun, lebih lanjut mereka mengungkapkan jika efektivitas sanitasi dengan menggunakan cuka akan bergantung pada bakteri dan/ atau jamur yang ada pada buah atau sayuran, konsentrasi cuka, suhu air, dan lamanya produk tersebut terkena cuka. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti takaran dan waktu rendam yang telah disarankan.

Cara mencuci buah dan sayur menggunakan air cuka:

  • Campurkan cuka ke dalam air dengan perbandingan 1 (cuka): 3 (air). Contoh: 1 cangkir cuka dicampurkan ke dalam 3 cangkir air.
  • Selanjutnya, rendam sayur atau buah selama 15 menit dalam larutan air cuka tersebut.

 

2. Air Garam 

 

Menurut Center for Science and Environment, sebaiknya sayuran dan buah-buahan segar tidak hanya dicuci dengan air biasa, tetapi juga mencuci atau merendamnya dalam 2% air garam. Proses ini akan menghilangkan sebagian besar residu pestisida yang biasanya muncul pada kulit sayuran dan buah-buahan.

Sementara itu, penelitian dari Food Control, juga menunjukkan bahwa larutan air garam 10% terbukti efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Di antara air mengalir dan larutan air cuka, larutan air garam 10% lebih efektif dalam membersihkan sayur dan buah, serta dianggap lebih murah secara biaya jika dibandingkan larutan air cuka.

Akan tetapi bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari cara ini dan gunakan cara lainnya sebagai alternatif untuk membersihkan buah dan sayuran. Selain itu, metode ini juga tidak disarankan untuk buah yang rapuh seperti buah jenis beri. 

Cara mencuci buah dan sayur menggunakan air garam:

  • Campurkan garam ke dalam air dengan perbandingan 1 (garam): 10 (air). Contoh: 1 sendok garam dicampurkan ke dalam 10 sendok air.
  • Kemudian rendam sayur atau buah selama 20 menit dalam larutan air garam tersebut.

 

3. Air Baking Soda/Soda kue

 

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Agricultural and Food Chemistry membandingkan keefektifan air biasa, larutan pemutih Clorox, soda kue dan larutan air dalam membersihkan buah dan sayuran. Hasilnya, larutan soda kue terbukti paling efektif menghilangkan residu pestisida baik di permukaan maupun di bawah kulit apel.

Cara mencuci buah dan sayur menggunakan air baking soda/soda kue:

  • Campurkan 8,5 gram (sekitar 2 sendok teh) soda kue ke dalam 1 liter air
  • Kemudian rendam sayur atau buah selama 12-15 menit dalam larutan soda kue.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat membantu membersihkan buah dan sayuran dari kuman dan sisa pestisida. Di samping itu, sebelum memulai mencuci produk-produk segar tersebut, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air. Kemudian pastikan juga semua peralatan, bak cuci, dan permukaan yang akan  digunakan untuk menyiapkan makanan dalam keadaan bersih.

Penulis: Faradina Ayu


Index ePaper Download PDF ePaper