Bersama Kita Lawan TBC
Etalase - 95 view


 

Penyakit Tuberculosis (TBC) masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelah stroke dan jantung. Penderita TBC di Indonesia sendiri saat ini sudah mencapai 842 ribu jiwa namun yang terlaporkan baru 446.732 kasus.

Merujuk pada laporan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), diketahui sebanyak 301 orang penderita TBC di Indonesia meninggal setiap harinya. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang menghadapi triple burden TBC, yakni insiden TBC, insiden TBC Resistant Obat (TB RO), dan TBC HIV. 

Maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pun membuat berbagai upaya untuk mengeliminasi penyakit TBC. Di mana Pemerintah Indonesia melalui Kemekes menargetkan kasus TBC dapat menurun hingga 80% pada 2030 dan TBC bisa tereliminasi dari Indonesia pada 2050.

Tentunya upaya tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh Kemenkes saja, tetapi memerukan bantuan berbagai pihak khususnya dukungan masyarakat. Karena upaya terbaik untuk mengaasi TBC adalah dengan mencegahnya, menemukan penderita, melaporkan kepada petugas kesehatan agar dapat ditangani dengan tepat dan mematuhi petunjuk dokter untuk sembuh.

Tingginya angka penderita TBC karena untuk proses pengobatan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga diperlukan kepatuhan penderita dalam meminum obat agar tidak menjadi TBC Resisten Obat.

Di edisi kali ini, berbagai upaya pengenalan dan pencegahan serta pengobatan TBC dihadirkan kepada para pembaca. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman tentang TBC sehingga kita bersama-sana dapat mencegah dan melawan TBC.

Rubrik Liputan Khusus kali ini akan mengangkat satuan kerja baru di Kemenkes, yakni Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia yang menggawangi setidaknya 31 profesi tenaga kesehatan. Dari Daerah akan menghadirkan liputan dari Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Jangan sampai terlewatkan untuk membaca Resensi Buku dan Resensi Film yang dihadirkan oleh redaksi. Tak ketinggalan informasi ringan pada Serba-Serbi dan tips kesehatan sederhana pada Info Sehat juga patut disimak.

 

Selamat membaca!


Index ePaper Download PDF ePaper