Bubur Sumsum Penuh Energi Menyehatkan
Isi Piringku - 2,092 view


Pada bulan Ramadan, bubur sumsum menjadi makanan khas yang banyak muncul. Paduan tepung beras yang lembut dengan santan gurih serta gula merah nan manis membuat bubur ini banyak penggemarnya dan cocok untuk menu berbuka.

Selain menjadi menu spesial kala berbuka puasa, bubur sumsum menjadi makanan wajib bagi orang yang sedang dirawat di rumah sakit, terutama pagi penderita sakit pencernaan maupun sakit gigi. 

Bubur resep asli dari Pulau Jawa ini ternyata sangat baik bagi penderita asam lambung. Sifatnya menetralkan asam lambung sehingga bisa meredakan nyeri lambung. Bagi yang kurang doyan santan,  bubur sumsum bisa juga diaduk dengan susu cair.

Dari sisi filosofis, tampilan dan nama bubur sumsum konon berhubungan dengan tulang sumsum yang berwarna putih. Sehingga mengonsumsi bubur sumsum dipercaya dapat mengembalikan tenaga tubuh. 

Dilansir dari website fimela.com, Guru Besar dan Peneliti Pangan dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Murdijati Gardjito, menarik benang merah filosofi dan nutrisi bahan dalam bubur sumsum.

Warna putih santan, ungkap Murdijati, menggambarkan kebersihan hati dan pikiran. Rasa manis bubur sumsum melambangkan kesejahteraan, rasa terima kasih, manisnya hidup, dan kebahagiaan. Bubur sumsum juga bisa diartikan sebagai makanan yang membawa kekuatan dan kedekatan di masyarakat. 

Rasa manisnya mampu menguatkan tubuh dan menghilangkan lelah, biasanya dimakan secara bersama-sama dengan banyak orang sehingga bisa menjalin silaturahmi antar sesama. 

Khasiat yang banyak dari bahan bubur sumsum yang mengandung karbohidrat serta protein tinggi itulah yang membuat jenis makanna ini diyakini juga sangat cocok untuk ibu hamil, seperti:  

  1. Mencegah anemia

    Santan memiliki kandungan zat besi dan bisa membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin agar tidak terjadi anemia atau kekurangan darah pada tubuh. Bagi ibu hamil yang enggan mengonsumsi vitamin, bubur sumsum bisa menjadi sumber nutrisi yang enak dan menyehatkan untuk menambah darah. 

  2. Penambah energi

    Satu mangkuk bubur sumsum rata-rata memiliki sekitar 418 kalori. Tingkat kalori tinggi tadi berasal dari gula maupun karbohidrat untuk membantu menambah energi ibu hamil.  Setelah mengonsumsi bubur sumsum tadi, niscaya ibu hamil terhindar dari risiko gula darah rendah karena diasup gula alami dari sirup gula merah atau gula aren.

  3. Meningkatkan sistem imun tubuh

    Santan dalam bubur sumsum mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kondisi tubuh ibu hamil yang mudah terpapar bakteri dan virus dapat dijaga dengan rutin mengonsumsi bubur sumsum.

Bubur sumsum tentunya juga bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Buat ibu hamil saja, bubur sumsum ampuh sebagai superfood, apalagi buat orang-orang dengan aktivitas tinggi. 

Penulis : Indah Wulandari

Editor : Prima Restri

Sumber: fatsecret.com


Index ePaper Download PDF ePaper