Calon Jamaah Haji Mempawah Menerima Vaksin COVID-19
Peristiwa - 112 view


Kementerian Agama tengah mempersiapkan penyelenggaran haji di tahun 2021 sambil menunggu keputusan dari Kerajaan Arab Saudi. Persiapan penyelenggaraan tersebut dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji (calhaj), salah satunya di daerah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Vaksinasi digelar di Masjid Agung Al Falah, Mempawah, Kalimantan Barat pada Jumat, 20 April 2021. Kegiatan vaksinasi ini ditinjau langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi. Pejabat daerah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, Kepala Dinas Provinsi Kalbar, Harrisson, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril. Vaksinasi ini merupakan syarat mutlak bagi calon jamaah haji.

Ada sekitar 209 calon jamaah haji yang divaksin. 95 Orang di antara dari usia lanjut (lansia) non jamaah haji dan 65 orang dari DMI Kabupaten Mempawah. Oscar dan rombongan ikut meninjau proses vaksinasi 

mulai dari pendaftaran, screening hingga proses penyuntikan vaksin kepada para calhaj. 

Dalam kesempatan yang sama pun, Oscar juga sembari sesekali menyapa dengan para petugas dan peserta yang akan dan yang sudah divaksin. Menurut Oscar, pemerintah pusat telah mengalokasikan 57.000 lebih kuota calhaj se-Indonesia. Saat ini vaksinasi calhaj telah mencapai angka 60 persen. 

“Kita fokus jamaah haji dulu. Dan dalam waktu dekat, saya perkirakan vaksinasi calon haji di seluruh Indonesia akan selesai di bulan Mei. Kemudian kalau jadi, bulan Juni jamaah haji sudah mulai berangkat” kata Oscar.

Namun saat ini, lanjut Oscar, pemerintah masih menunggu pengumuman pemerintah Arab Saudi. Meski begitu, kegiatan vaksinasi ini dapat dijadikan contoh bagi daerah-daerah lainnya. 

“Jadi tidak jadi (Ibadah Haji) vaksinasi harus tetap berjalan. Kami pemerintah pusat tetap mendorong teman-teman daerah untuk melaksanakan program vaksinasi secara tuntas” tandas Oscar. 

Nurlela (56), peserta vaksinasi dari kelompok calhaj mengaku mendapatkan kabar penyelenggaraan vaksinasi di Masjid Al-Falah dari Puskesmas tempat ia tinggal. Sebelumnya, Ibu Nurlela yang sudah menunggu antrean haji selama 7 tahun tersebut juga mendapatkan tips untuk persiapan vaksinasi. Nurlela pun berharap dengan vaksinasi ini, dirinya tidak mudah terpapar COVID-19.

“Oleh pihak Puskesmas, saya disarankan untuk makan terlebih dahulu dan istirahat agar tidak lelah,” ujarnya.

Penulis Utami Widyasih


Index ePaper Download PDF ePaper