Cincau Segar dengan Segala Khasiatnya
Serba Serbi - 167 view


Selain dapat melegakan tenggorokan, cincau juga baik untuk pencernaan, antioksidan, vitamin C dan nutrisi lain yang tentunya baik untuk tubuh. 

 

Setelah beberapa kali berusaha menanam dan selalu gagal, akhinya tanaman cincau pemberian saudara sepupu dari Cilacap, Jawa Tengah akhirnya tumbuh lebat. Saya mengenal tumbuhan ini waktu berkunjung ke rumah teman. Dia membuatkan minuman cincau hijau yang dibuat dari tanamannya sendiri. Rasanya enak dan segar. Waktu pulang saya minta bibitnya untuk diitanam. Tapi entah kenapa tanaman tersebut gagal berkembang.

Tanaman cincau memang setelah diolah menjadi minuman terasa adem dan enak di tenggorokan dan badan kita. Sekarang agak sulit mencari minuman cincau hijau yang asli dari tanaman. Yang banyak dijual di lingkungan kita adalah cincau hijau instan yang dibuat dari agar. Tentu saja rasanya akan berbeda dengan tanaman aslinya. Sebetulnya tidak sulit membuat cincau. Tapi sebelum tahu cara membuatnya, terlebih dahulu kita kenali jenis tanaman dan manfaatnya bagi kesehatan, yuk.

Dilansir dari merdeka.com, tanaman cincau adalah sejenis tanaman rambat yang jenisnya beraneka ragam. Yang biasa diolah menjadi minuman adalah cincau perdu atau nama ilmiahnya Premna Oblongifolia. Daun cincau hijau mengandung tanin yang baik untuk pencernaan. Selain berisi kandungan nutrisi pada cincau hijau juga terdapat alkaloid, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, vitamin A dan B, serta nutrisi berkhasiat lainnya. 

Manfaat cincau hijau juga dibahas pada Idntimes.com. Dalam laman tersebut dikatakan bahwa cincau hijau mengandung antioksidan yang bersifat alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyerang sel tubuh seperti kanker. Cincau hijau juga mengandung klorofil yang berguna sebagai antibiotic alami untuk menangkal virus dan polutan didalam tubuh. Saponin yang terdapat di dalam cincau hijau berkhasiat untuk meredakan demam. Kandungan Bisbenzilsokuinolin yang terdapat pada cincau hijau mempunyai peran menstabilkan gula darah yang tinggi dan bagus sebagai obat diabetes. Antioksidan dan vitamin C pada cincau hijau berguna membantu senyawa klorofil dalam mengatasi permasalahan pada lambung dan masih banyak lagi manfaat cincau hijau untuk kesehatan.

Dengan melihat potensi cincau hijau yang kaya manfaat bagi kesehatan akhirnya menggerakkan lima mahasiswa melakukan penelitian terhadap khasiat daun cincau hijau. Dikutip dari ugm.ac.id,  Rendi Mahadi, dkk melakukan penelitian tentang kandungan senyawa di dalam daun cincau hijau dan efek esktrak daun terhadap aktifitas sel imun. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak daun cincau hijau memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder seperti golongan senyawa tarpenoid, flavonoid, fenolik dan tanin. Senyawa metabolit sekunder tersebut dikenal berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami.

Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah daun cincau hijau dapat menjadi alternatif baru sumber imunomodulator dan antioksidan alami dalam tubuh. Dalam pemanfaatannya, daun cincau hijau dapat diolah menjadi minuman berkhasiat, suplemen alami dan obat-obatan herbal yang berperan dalam mempertahankan kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  

                Melihat begitu banyak manfaat daun cincau hijau bagi kesehatan, tidak ada salahnya kita membuat cincau hijau sendiri. Daun Cincau hijau yang diolah dan dijadikan minuman segar dan menyehatkan. Cara membuatnya sangat mudah dan simple. Mey’s Cila melalui coopad.com  mengajarkan kita cara membuatnya yaitu:

Bahan: 

  • 40 lembar daun cincau tua
  • 3 gelas (600 ml) air hangat

Cara membuatnya:

  1. Cuci daun cincau di air mengalir. Lalu buang tulang daunnya yang keras.
  2. Hangatkan air matang lalu siram ke daun cincau
  3. Kemudian daun cincau di remas dengan tangan hingga air berwarna hijau dan berlendir.
  4. Saring air agar terpisah dengan ampasnya
  5. Kemudian dinginkan air cincau dikulkas (tunggu semalaman)
  6. Cincau siap disantap dengan santan dan gula merah. 

 

Penulis: Resty Kiantini 


Index ePaper Download PDF ePaper