Etalase: Sembuh Dari Rumah
Etalase - 87 view


Apa kabar, Pembaca.

Saat ini kita masih harus menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang di Indonesia mengalami peningkatan kasus sejak Juni lalu. Keterisian tempat tidur rumah sakit di beberapa provinsi mencapai 90 persen—sesuatu yang belum pernah terjadi sejak pandemi ini masuk tahun lalu.

Pemerintah terus berupaya mengurangi penyebaran virus SARS CoV-2 dengan meningkatkan pengetesan, pelacakan, dan perawatan. Banyaknya pasien yang memerlukan perawatan, baik di tempat tinggalnya maupun di rumah sakit, menjadi latar isolasi mandiri sebagai tema utama pada Mediakom edisi ini.

Kami berharap pengenalan tata cara melakukan isolasi mandiri yang tepat, selain dapat membantu mengurangi beban rumah sakit, terutama dapat membantu pasien COVID-19 sembuh dari rumah. Di edisi ini kami tidak hanya mengenalkan tentang cara melakukan isolasi tap juga membahas terobosan dari Kementerian Kesehatan untuk membantu pasien melalui telemedisin. Dengan demikian, ruang kosong yang selama ini tidak bisa sepenuhnya diisi oleh petugas pelayanan kesehatan terdekat, dapat dibantu dengan kehadiran layanan telekonsultasi yang disertai pemberian obat gratis ini.

Negara Inggris juga menghadapi kenaikan jumlah kasus pasien COVID-19 hingga enam kali lipat yang mayoritas masih berusia muda. Mereka yang terpapar virus kebanyakan orang yang enggan divaksin. Simak ulasannya dalam rubrik Kilas Internasional.

Masih dari tanah Eropa, pembaca akan bertemu dengan karya Igor Nesteruk mengenai COVID-19 Pandemic Dynamics yang akan mengajak kita tidak hanya melihat persoalan pandemi dari angka-angka semata tapi mendalami kasus yang terjadi sebagai tren eksponensial. Uraian selengkapnya bisa dijumpai pada rubrik Resensi Buku.

Dari benua Eropa kita menyeberang ke Pulau Jawa untuk menyimak ulasan tentang nilai gizi  tauto Pekalongan. Liputannya tersaji pada rubrik Isi Piringku. Informasi ringan namun bermanfaat dapat pula dibaca pada rubrik Serba-Serbi dan Info Sehat.

Selamat membaca.


Index ePaper Download PDF ePaper