Gerakan Vaksinasi COVID-19 di Masjid
Peristiwa - 109 view


Vaksinasi COVID-19 digelar di beberapa masjid. Gerakan vaksinasi COVID-19 di masjid-masjid ini dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok di masyarakat.

 

Program Masjid Sentra Vaksinasi COVID-19 sudah mulai dilakukan di Masjid Jami Assa’adah, Kota Depok, Jawa Barat, pada Jumat, 9 April 2021. Kegiatan vaksinasi ini dihadiri langsung Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla dan Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, drg. Novarita.

 

Dikutip dari website resmi Direktorat Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Ketua DMI, Jusuf Kalla mengatakan bahwa semua elemen masyarakat wajib terlibat menyukseskan program vaksinasi COVID-19. Menurutnya, kecepatan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah masyarakat merupakan kunci utama kemenangan melawan COVID-19. Untuk itu, DMI akan menyiapkan berapa pun masjid yang dibutuhkan untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi COVID-19.

 

“Program vaksinasi COVID-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, karena jika hanya pemerintah yang kerjakan, ini tidak akan mencapai target. Harus melibatkan masyarakat, lebih cepat lebih baik,” kata JK dalam peluncuran program vaksinasi tersebut. 

Sementara itu, Wamenkes Dante menerangkan bahwa vaksinasi tidak bisa dimaknai hanya sekedar sebagai program tetapi juga merupakan sebuah gerakan. Untuk itu, semua elemen masyarakat dapat terlibat untuk menyukseskan vaksinasi yang tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemenkes. Dante juga menyatakan bahwa  bukan hanya masjid yang bisa menjadi sentra vaksin, namun juga sekolah-sekolah dan institusi lainnya dapat menjadi sentra vaksinasi COVID-19. 

 

“Hari ini kita melihat masjid dijadikan sebagai sentra vaksin, dan ini tidak hanya bisa dilakukan di masjid namun juga di tempat lain seperti sekolah-sekolah, lembaga dan institusi lainnya,” ucapnya.

 

Usai pencanangan pada hari yang sama, JK dan Dante meninjau pelaksanaan pelayanan vaksinasi  COVID-19 secara massal bagi 435 Lansia dan pengurus masjid yang tinggal di seputaran masjid tersebut. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan sertifikat Masjid Percontohan dari Walikota Depok kepada Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Assa’adah.

Selain Kota Depok, Masjid Agung Al Falah Mempawah Kalimantan Barat juga membuka vaksinasi COVID-19. Vaksinasi diberikan kepada para lansia dan calon jamaah haji serta jaringan pengurus Masjid Masjid Agung Al Falah Mempawah. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi, MPH, yang hadir di lokasi vaksinasi menyampaikan pesan kepada pemerintah daerah agar dapat terus melanjutkan vaksinasi COVID-19 sampai terbentuknya kekebalan komunal yang diharapkan.

“Saya berharap Kalimantan Barat ini berawal dari Masjid Al-Falah sudah memulai melaksanakan vaksinasi kepada Lansia karena biar bagaimanapun sekarang yang kita harapkan betul-betul yang dijaga itu adalah orang-orang tua kita,” ungkap Oscar.

Penulis: Awallokita Mayangsari


Index ePaper Download PDF ePaper