Goresan Prof Nila Dalam Pembangunan Kesehatan
Etalase - 89 view


5 Tahun mungkin terlihat singkat ketika harus membangun berbagai aspek yang terkait dengan kebutuhan hakiki manusia, kesehatan. Namun hampir selama 5 tahun ini berbagai upaya untuk menyehatkan masyarakat terus didorong.

Dimulai dari upaya pemberian layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang baru dimulai pada 1 Januari 2014. Beragam tanggapan dan reaksi masyarakat atas program jaminan sosial ini berusaha dicarikan solusi terbaik agar tujuan kesehatan semesta di masa mendatang dapat terwujud.

Berikutnya akses untuk masyarakat datang ke fasilitas pelayanan kesehatan serta ketersediaan tenaga kesehatan di pelosok negeri berusaha diatasi. Muncul program Nusantara Sehat untuk memenuhi kebutuhan daerah akan tenaga kesehatan yang sebelumnya jarang ada di daerah-daerah terpencil.

Selanjutnya adalah program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang sangat diperlukan pada era sekarang ini. Ditengah meningkatnya jumlah penderita penyakit tidak menular di Indonesia GERMAS hadir untuk merubah pola hidup masyarakat Indonesia sekaligus menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mencegah penyakit daripada mengobatinya.

Tidak berhenti sampai disitu, era revolusi industri juga membuat Kemenkes harus menyesuaikan dengan kondisi zaman. Beragam inovasi kesehatan berbasis teknologi digital dikembangkan untuk menjawab tantangan zaman sekaligus memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat di era digital.

Semua itu bisa dilakukan berkat nahkoda seorang ibu sekaligus pemimpin dibidang kesehatan selama 5 tahun terakhir, Prof. Dr. Nila F Moeloek, Sp.M (K). Goresan-goresan yang disampaikan oleh Menkes Nila selama 5 tahun menjabat sebagai Menteri Kesehatan berusaha kami tuangkan pada Mediakom edisi September 2019.

Sepenuhnya kami sadari, bahwa masih banyak kebijakankebijakan era Menkes Nila yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat namun redaksi mencoba memilih beberapa program yang memang sudah akrab di tengah masyarakat. Tidak hanya program, beberapa kebijakan strategis maupun arahan-arahan beliau dalam menyikapi persoalan kesehatan nasional maupun kegiatan level internasional seperti Asian Games juga kami hadirkan.

Mediakom edisi ini memang kami khususkan untuk mendokumentasikan upaya pembangunan kesehatan yang sudah dijalankan selama 5 tahun ini. Untuk itu, kami memohon maaf kepada para pembaca karena sejumlah rubrik harus kami tiadakan

Menkes Nila akan memasuki masa purna tugas, namun langkah kebijakan yang telah dilakukan tetap terekam dengan baik, tidak hanya pada tulisan yang kami sajikan, tapi juga dihati masyarakat Indonesia yang telah merasakan manfaat program yang dilaksanakan.

Selamat Membaca!


Index ePaper Download PDF ePaper