Indonesia dan Belanda Pererat Kerja Sama Kesehatan
Newsflash - 131 view


Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) melakukan pertemuan dengan perwakilan Menteri Kesehatan Belanda, yakni Sebilla Maria Dekker, di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta. Pertemuan bilateral tersebut dilangsungkan dalam rangka Kunjungan Kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia pada 10-13 Maret 2020.

Pada pertemuan tersebut, Menteri Kesehatan RI menyampaikan empat arahan Presiden Joko Widodo di bidang Kesehatan, sekaligus berharap Indonesia dan Belanda dapat menjalin kerja sama pada keempat area tersebut. Pihak Belanda menyambut positif ajakan tersebut dengan memberikan komitmen untuk memperat kerja sama kesehatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Sebilla Maria Dekker menyampaikan komitmen Pemerintah Belanda untuk mengimplementasikan MoU yang telah disepakati. Beliau juga menyampaikan perlunya memperkuat kerja sama dalam kerangka GHSA, terutama dalam menghadapi pandemi dan meningkatkan keamanan kesehatan global,” demikian rilis Kemenkes sebagaimana dilansir pada 10 Maret 2020.

Pertemuan Bilateral tersebut ditutup dengan penandatanganan Pernyataan Kehendak (Letter of Intent/LoI) Program Peningkatan Kapasitas Tenaga Profesional Kesehatan antara RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan Erasmus University Medical Center Rotterdam; dan LoI Pengendalian Antimicrobial Resistance antara RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso dan Erasmus University Medical Center Rotterdam.

Pada 10 Maret 2020 di Jakarta juga dilakukan review Joint Action Plan on Health Cooperation yang telah ditandatangani pada 20 Mei 2019 di Jenewa, Swiss.  Kedutaan Besar Belanda di Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI juga menyelenggarakan Seminar Kesehatan dan Business Matchmaking di Hotel Shangrila, Jakarta. Sejumlah perusahaan Farmasi dan Alat Kesehatan Indonesia melakukan penjajakan bisnis kesehatan dengan perusaaan Belanda.

Delegasi Belanda juga melakukan kunjungan lapangan, antara lain kunjungan ke Sekretariat GHSA dan RS Kanker Dharmais di Jakarta. Dalam kunjungan ke RS Kanker Dharmais, dibahas beberapa potensi kerja sama peningkatan kapasitas SDM, tenaga Kesehatan, maupun program penanganan kanker.

Penulis: Didit Tri Kertapati


Index ePaper Download PDF ePaper