Inilah Waktu dan Lokasi Tepat untuk Berolahraga
Info Sehat - 152 view


Inilah Waktu dan Lokasi Tepat untuk Berolahraga

Berbicara mengenai olah raga, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata pagi hari. Sebenarnya ada apa sih dengan pagi hari? Dilansir dari laman kompas.com, banyak anggapan bahwa olahraga di pagi hari memang efektif dalam mempercepat metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh manusia. Tak heran dari berbagai anggapan yang bermunculan di masyarakat ini membuat seseorang lebih menyisihkan waktunya untuk berolahraga di pagi hari ketimbang di waktu yang lain. 

Dialnsir dari laman kompas.com untuk membuktikan anggapan tersebut, Dr. Edward Melanson dalam Exercise and Sport Sciences Review mempelajari tingkat pembakaran lemak selama 24 jam pada individu yang berolah raga dan individu yang tidak. Dalam studi tersebut menemukan, saat tujuan olah raga Anda adalah untuk mempercepat pembakaran lemak, hasilnya tidak berbeda dalam 24 jam ke depan. 

Terkait dengan olah raga di pagi hari, Indonesia kini sedang gempar dengan munculnya isu tentang pencemaran polusi udara yang tinggi di Jakarta. Melihat hal ini, membuat dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO selaku Direktur Kesehatan Lingkungan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu melakukan aktivitas lebih di luar ruangan. Hal ini, menurutnya karena udara di pagi hari kini mengandung polusi yang tinggi, sekitar 75%. Maka dari itu, disarankan kepada masyarakat yang lebih melakukan aktivitas di luaran untuk sempat menggunakan masker. Bersamaan dengan ini, dr. Imran menyampaikan juga kepada masyarakat agar tidak terlalu sering melakukan banyak aktivitas di luar ruangan.

Walaupun demikian, sejalan dengan penyataan dari Dr. Edward untuk mendorong gerakan hidup sehat, Direktur Kesehatan Lingkungan Indonesia juga mengatakan dan mengimbau kepada masyarakat yang sering berolahraga di pagi hari untuk dapat mencari waktu yang tepat dan tempat yang tidak banyak terpapar polusi udara buruk, misalnya olahraga lari atau bersepeda pada saat car free day akan jauh lebih aman.

 “Kemudian jam olah raga yang baik secara preferensi, sebenarnya olah raga itu baik antara pukul 05:30 - 07:30 WIB, disarankan di sekitar lingkungan rumah dan bukan di jalan raya. Lalu yang kedua, pada pukul 17:00 - 17:30 WIB, dan untuk buka puasa juga seperti itu, atau jika tidak ada waktu, ya mungkin malam,” ujar Direktur Kesling.  

Terlebih lagi dilansir dari laman Kompas.com, jika Anda berolah raga di malam hari, sebaiknya tetapkan waktu Anda agar tak menggangu jam tidur. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi Anda pada sore hari. Selain itu, tetapkan intensitas dan fleksibilitas latihan, dan penting juga untuk Anda mulai peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar sebelum melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan, agar udara yang kita hirup saat berolahraga mampu meningkatkan kesehatan tubuh, melainkan bukan untuk menggangu kesehatan tubuh kita. 

Selanjutnya, pastikan saja Anda berolahraga dengan teratur dan aware dengan lingkungan sekitar sebelum melakukan aktivitas olahraga, maka Anda akan berada di jalur yang benar dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Penulis : Tia Mutiara 

Editor : Prima Restri


Index ePaper Download PDF ePaper