Jalan-Jalan dengan Kudapan Sehat
Kilas Internasional - 160 view


Masih ingat Dewi Hughes? Tampilan presenter ini tetap menawan, sehat, dan berat badannya terjaga. Padahal, ia punya seabrek aktivitas di luar kota. Mau tahu rahasianya?

Dewi mengungkap caranya menjaga kesehatan sekaligus mempertahankan berat badan ideal terinspirasi konsep health travelling yang menerapkan pola hidup sehat.

Sebagaimana dimuat businesstravellife.com, pola makan sehat saat bepergian dimulai dengan mempersiapkan kudapan sehat. Cara ini juga untuk mengantisipasi keterlambatan jadwal perjalanan yang bisa bikin kelaparan berat atau untuk mencapai konsistensi target diet.

Berikut ini beberapa pilihan kudapan sehat dan awet selama perjalanan.

Buah segar. Pilih buah yang bisa langsung dimakan beserta kulit ataupun hanya butuh dikupas dengan tangan. Buah yang memungkinkan untuk dibawa saat jalan-jalan antara lain apel, pisang, jeruk, anggur, dan salak.

Kacang-kacangan. Sumber protein nabati dapat terpenuhi dengan mengudap ragam jenis kacang, seperti kacang tanah sangrai, almond, dan kenari. Supaya awet, kacang-kacangan tersebut dapat disimpan dalam tempat bekal kedap udara.

Buah-buahan kering dan kurma. Membawa buah kering menjadi cara praktis saat travelling. Selain kismis anggur, pilihan buah kering kian beragam. Ada kiwi, aprikot, jeruk mandarin hingga buah tin. Kurma juga layak menjadi tentengan dan dikudap karena mengandung karbohidrat (glukosa dan fruktosa), protein, lemak tumbuhan –yang masuk ke dalam jenis lemak tak jenuh, vitamin (A, C, B kompleks, tiamin, riboiflavin, niasin, danasamfolat), mineral (kalium, kalsium, zatbesi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt danzink), dan serat,

Cracker dan keripik sayur/buah

Bentuk cracker yang kering dan datar membuatnya cocok dijadikan penganan selama perjalanan. Namun, jangan meremehkan kandungan gizi dari tepung gandum yang dipanggang ini. Sebagai variasi, makanan ringan berupa keripik sayur dan keripik buah juga bisa dicoba. Varian favorit keripik biasanya terbuat dari bayam, okra, tomat, apel, nangka, dan pisang.

Granola. Makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan ini terbuat dari gumpalan oat dicampur kacang-kacangan, madu atau pemanis lainnya seperti gula merah. Sekitar 50 gram granola matang mengandung 200 kalori, 5 gram lemak, dan 13 gram gula atau bisa lebih, tergantung bahan-bahan yang menyusun granola tersebut. [*]

Makanan yang kurang cocok dibawa dalam perjalanan jauh

1. Ikan atau kerang/seafood

2. Bawang putih/bawang merah goreng maupun mentah

3. Makanan fermentasi

4. Salad telur

5. Sayuran berbau menyengat

Penulis:Indah Wulandari


Index ePaper Download PDF ePaper