Jangan Anggap Enteng Alergi
Etalase - 89 view


Penulis: drg. Widyawati, MKM 

Apa kabar, pembaca Mediakom? Semoga Anda semua dalam keadaan sehat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas. Meski, kita masih bersama-sama berjuang melawan pandemi Covid-19, tetapi kita  tak boleh abai dengan persoalan kesehatan lainnya. Salah satunya alergi.

Alergi bisa menimpa siapa saja. Meski tidak bisa disembuhkan, alergi masih bisa dikontrol dengan mengontrol lingkungan yang menjadi faktor pencentus. Secara tingkatan, alergi terdiri atas level ringan, sedang, hingga berat. Jika tidak segera ditangani, alergi dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, alergi jangan dianggap remeh. Sebagaimana disampaikan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD-KAI, alergi termasuk penyakit berbahaya, maka jangan dianggap enteng.

Berangkat dari uraian tersebut, Mediakom edisi Juli 2020 memilih alergi sebagai bahasan pada Media Utama. Pembaca akan diajak untuk mengenal alergi, dampak alergi terhadap tumbuh kembang anak, hingga bagaimana para penderita alergi harus beraktivitas ditengah situasi pandemi.

Pada rubrik Profil kita akan berkenalan dengan Cheta Nilawaty, seorang redaktur rubrik difabel pada kanal berita online. Cheta berbagi kisah perjalanan, yang semula mampu melihat hingga akhirnya mengalami kebutaan tapi masih tetap eksis menjadi jurnalis dan terus berjuang menyuarakan aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas.

Rubrik Peristiwa dan NewsFlash akan menghadirkan informasi terbaru dari Kementerian Kesehatan yang terjadi selama bulan Juli. Simak pula rubrik Ruang Jiwa, Kilas Internasional, dan Serba-serbi yang menarik. Jangan sampai ketinggalan membaca Resensi Buku dan Resensi Film, serta Isi Piringku yang dapat  menambah wawasan akan penganan lokal Indonesia yang bergizi. 

Selamat membaca!


Index ePaper Download PDF ePaper