Kanker Dapat Dicegah
Etalase - 81 view


Penyakit Kanker saat ini dianggap sebagai ‘momok’ yang paling ditakuti. Bagaimana tidak? Salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) ini banyak menyumbang angka kematian penduduk. Hal ini terjadi karena sebagian besar penderitanya baru menyadari bahwa mereka menderita kanker ketika sudah stadium lanjut. 

Namun, menurut WHO, 40% kematian akibat kanker dapat dicegah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ini. 

Upaya pencegahan kanker dapat dilakukan dengan melakukan deteksi dini. Saat ini, pemeriksaan deteksi dini sudah dapat dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), khususnya Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) untuk kanker payudara dan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat atau IVA untuk kanker serviks. 

Di samping deteksi dini, upaya untuk meminimalisir kematian pada penderita kanker juga dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan tanpa mengesampingkan aspek psikologis pasien. Penting bagi seorang dokter menyiapkan mental pasiennya, sebelum menyampaikan hasil diagnosis yang menunjukkan positif kanker. Lebih lanjut, ulasan mendalam tentang apa itu kanker, jenis-jenis kanker dan upaya pencegahannya akan disuguhkan pada rubrik media utama Mediakom edisi ini. 

Selain itu, pada rubrik liputan khusus pembaca akan diajak untuk mengenal bioterorisme, yaitu penggunaan mikroorganisme atau spesimen infeksius untuk menyerang dan membuat kepanikan di masyarakat. Simak juga kisah Team Mobile saat melakukan pembinaan dan memberikan pelayanan kesehatan bagi Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam pada rubrik potret. 

Dari daerah menghadirkan upaya kota Denpasar meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan cultural. Resensi Buku dan Resensi Film akan mengupas hal-hal menarik yang sayang jika dilewatkan. Tidak ketinggalan info sehat hadir dengan ragam tips-tips kesehatan ringan dan serba-serbi akan menyajikan artikel-artikel ringan yang menarik.

Selamat membaca!

Salam Redaksi.


Index ePaper Download PDF ePaper