Kayong Utara Jadi Contoh Pendataan Program PIS-PK
Daerah - 236 view


Intro: Keberhasilan Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), melakukan pendataan keluarga untuk Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), membuat daerah ini menjadi contoh untuk daerah-daerah lain di Kalbar. Kabupatan Kayong Utara juga diminta untuk menyampaikan kiat-kiat sukses dalam proses pendataan keluarga untuk PIS-PK yang dilakukan pada pertemuan evaluasi PIS-PK, di Pontianak, Kalbar, 19 Juli 2019. 


Berdasarkan data Pemerintah Daerah (Pemda), capaian pendataan keluarga di Kabupaten Kayong Utara mencapai 96%. Dengan persentase itu, Kayong Utara menempati posisi ke-1 dari 14 kabupatan/kota yang ada di Kalimantan Barat. 


Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Kadinkes KB) Kayong Utara, dr. Bambang Suberkah, M.Med.Ph, mengungkapkan keberhasilan daerahnya mencapai target pendataan keluarga untuk PIS-PK karena kegigihan semua petugas kesehatan yang terlibat dalam menjalankan tugas pendataan. Kegigihan para petugas kesehatan tersebut mengalahkan rintangan geografis daerah Kayong utara yang sulit karena merupakan daerah kepulauan yang jaraknya jauh dan sulit dijangkau. 


“Awalnya kami mengumpulkan semua Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Kami memberi arahan sekaligus berdiskusi bagaimana mencapai target pelaksanaan pendataan sesuai rencana yang telah disepakati. Hasilnya, Alhamdulillah tidak mengecewakan bahkan tertinggi se-Kalimantan Barat,” jelas dr. Bambang kepada Mediakom.


Salah satu strategi yang diterapkan untuk memotivasi petugas kesehatan melakukan pendataan keluarga adalah dengan memberikan insentif kepada mereka. dr. Bambang menjelaskan, wilayah-wilayah di Kayong Utara relatif sulit dijangkau, sehingga untuk pendataan di wilayah-wilayah itu, Dinkes memberi insentif lebih kepada petugas kesehatan yang mendapat tugas pendataan ke sana. “Sehingga mereka menjadi semangat untuk melaksanakan pendataan keluarga meski harus ke wilayah yang sulit dijangkau,” katanya. 

 


Index ePaper Download PDF ePaper