Kementerian Kesehatan Distribusikan APD ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan
Newsflash - 156 view


Kementerian Kesehatan berupaya untuk mengatasi kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis yang melayani pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Sebagai langkah awal, Kementerian Kesehatan telah mengirimkan 10 ribu APD ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 dan Dinas Kesehatan.

“APD tersebut didistribusikan sejak Sabtu 21 Maret malam hingga minggu pagi,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, sebagaimana dikutip dari rilis Kemenkes (20/3).

Selain itu, Kemenkes dan Gugus Tugas Covid-19 juga segera mendistribusikan 95 ribu APD ke seluruh Indonesia. Pendistribusian dilakukan melalui Gugus Tugas yang telah memiliki daftar skala prioritas daerah yang sangat membutuhkan.

“Pendistribusian ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas mengenai Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 pada Kamis (19/3),” sebut Oscar.

Oscar mengatakan, Presiden memerintahkan agar para dokter, tenaga medis, dan jajaran yang berada di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan perlindungan maksimal. 

“Pastikan ketersediaan APD karena mereka berada di garis terdepan sehingga petugas kesehatan harus terlindung dan tidak terpapar oleh Covid-19,” kata Oscar mengutip pernyataan Presiden dalam ratas.

Bantuan dari China

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto menerima bantuan APD sebanyak 8 ton dari total 12 ton yang diberikan oleh Pemerintah China di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta (23/3). APD tersebut dibawa dengan menggunakan pesawat Hercules yang mengangkut, antara lain 7,2 ton protective clothing, 128 kg N95 Mask, 110 kg disposable gloves, 700 kg disposable mask, dan 775 kg goggles.

Kemudian secara simbolis, Menhan Prabowo menyerahkan bantuan dari Pemerintah Tiongkok tersebut kepada Kapuskes TNI, Kepala RSPAD, Kepala RS Suyoto, Kapuskes Angkatan Darat, Kadiskes Angkatan Laut, dan Kadiskes Angkatan Udara. Menurut Prabowo, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Pertahanan China untuk membantu Indonesia dalam mengatasi wabah Covid-19 bahkan, dan juga telah mengirimkan daftar kebutuhan yang diperlukan.

”Secara umum apa yang dibutuhkan rumah sakit, alat kesehatan, ventilator, rapid test, APD, tidak jauh dari itu kebutuhan pokok,” pungkas Prabowo.

 

Penulis: Didit Tri Kertapati


Index ePaper Download PDF ePaper