Kenali SPF dan Manfaatnya
Info Sehat - 276 view


Kenali SPF dan Manfaatnya

Seringkali kita menemukan tulisan SPF15, SPF30, SPF50 pada kosmetik atau produk perawatan kulit yang kita pakai. SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Bahan ini biasa ditambahkan ke dalam produk tabir surya maupun kosmetik untuk mencegah radiasi sinar matahari merusak kulit kita.

Dari laman www.alodokter.com, dr. Vita Rahayu menjelaskan, SPF adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari yang berbahaya dan dapat memicu produksi pigmen melanin pada kulit yang mengakibatkan kulit menjadi hitam, terbakar, hingga berisiko menjadi kanker kulit. Sedangkan melansir dari www.medicalnewstoday.com, menjelaskan SPF adalah angka, misalnya SPF15, yang mengindikasikan seberapa banyak perlindungan terhadap bahaya radiasi sinar matahari yang diberikan oleh sebuah produk. 

Besaran SPF menunjukkan seberapa lama produk mampu menahan radiasi sinar matahari atau dalam hal ini ultraviolet gelombang pendak (Ultraviolet B/UVB). Kulit kita sendiri mampu bertahan dari radiasi sinar matahari tanpa perlindungan selama 10 menit. Dengan menggunakan tabir surya SPF30, perlindungan tersebut meningkat 30 kali lipat menjadi 300 menit atau 5 jam.

Namun, besaran angka pada SPF tidak menunjukkan seberapa baik kemampuan produk untuk melindungi kulit. Produk dengan SPF15 dapat melindungi kulit dari sinar UVB sama baiknya dengan produk dengan SPF50. Namun produk dengan SPF tinggi dapat melindungi kulit dari risiko kerusakan jangka panjang seperti kanker kulit. Selain itu, semakin kecil nilai SPF suatu produk, kita harus lebih sering mengaplikasikannya pada kulit.

Dalam memilih tabir surya, yang harus kita perhatikan adalah harus menyesuaikan dengan jenis kulit. Mengutip dari laman www.alodokter.com, penjelasan di bawah ini dapat menjadi referensi untuk memilih tabir surya yang cocok dengan kondisi kulit kita.

  • Kulit kering. Untuk yang memiliki kulit kering, pilihlah tabir surya berbentuk krim, salep, atau losion. Selain itu, pilih produk tabir surya yang mengandung pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Kulit berminyak. Kulit berminyak butuh perhatian khusus, karena mudah sekali berjerawat. Hindari tabir surya berbentuk krim, pilihlan tabir surya yang berbentuk gel atau semprotan (spray).
  • Kulit Sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif, gunakan tabir surya berbentuk gel yang tidak mengandung pewangi dan alkohol.

Kita juga harus memperhatikan, SPF hanya melindungi kulit kita dari UVB, sedangkan sinar matahari mengandung ultraviolet gelombang panjang (Ultraviolet A/UVA) selain UVB. jadi perhatikan dengan benar apakan tabir surya yang kita pakai melindungi kulit dari UVA dan UVB. Produk yang menambahkan tabir surya dengan bahan pelindung UVA ditandai dengan label PA++.

Tips Menggunakan 

Untuk kulit orang Indonesia, memakai tabir surya dengan SPF30 sudah cukup baik untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Gunakan tabir surya setiap kali akan keluar rumah, terutama jam 10.00-14.00, baik cuaca panas maupun mendung. Karena walau cuaca mendung, radiasi sinar matahari tetap dapat menembus kulit kita.

Berikut ini tips memakai tabir surya agar tabir surya bekerja sempurna:

  • Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan
  • Pastikan tabir surya merata di seluruh tubuh yang terbuka
  • Oleskan lagi tabir surya setiap 2 jam, gunakan lebih sering apabila kita melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat atau berenang

Satu hal yang juga harus menjadi perhatian kita, jangan hanya mengandalkan tabir surya untuk melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari. Gunakanlah pelindung tambahan berupa payung, topi baju panjang, dan lain sebagainya.

 

Penulis: Ferri Satriyani

Editor: Sopia Siregar


Index ePaper Download PDF ePaper