Layanan Spesial Dari Puskesmas Magelang Utara
Daerah - 281 view


Tidak semua masyarakat mampu mengakses pelayanan kesehatan yang ada karena berbagai kendala. Hal ini yang mendorong Puskesmas Magelang Utara untuk memberikan layanan spesial bagi pasien yang memiliki hambatan untuk datang berobat ke Puskesmas.

“Sekarang masyarakat yang menginfokan ke kita butuh dikunjungi. Bisa kadernya bisa keluarga, bisa yang bersangkutan. Jadi memang kita sediakan layanan home visit,” ujar Kepala Puskesmas Magelang Utara, dr. Istikomah, kepada Mediakom.

Menurut Istikomah, layanan home visit merupakan salah satu kegiatan kesehatan perorangan yang diintegrasikan dengan perawatan kesehatan masyarakat. Untuk di Puskesmas Magelang Utara layanan ini dinamakan Home Care Center (HCC) yang sasarannya cukup beragam. “Untuk Pelayanan HCC ini selain keluarga-keluarga yang bermasalah, secara indikatornya banyak, keluarga tidak sehat, ada juga yang memang keluarga yang tidak bisa mengakses layanan puskesmas dengan e-mobilitas, pasien kronis, stroke yang tidak bisa jalan, tidak ada pendamping, kemudian pasien gangguan jiwa berat yang memang susah untuk diajak ke puskesmas padahal indikatornya dia harus berobat rutin,” papar perempuan berhijab ini.

Layanan HCC mulai beroperasi semenjak bulan Oktober 2017 dengan wilayah jangkauan meliputi wilayah kerja Puskesmas Magelang Utara yang terdiri dari 5 kelurahan yaitu : Kedungsari, Wates, Potrobangsan, Kramat Utara, Kramat Selatan., dengan waktu pelayanan setiap hari Senin s.d Kamis pukul 11.00- 13.00 WIB.

Tahapan kegiatan layanan HCC meliputi: Pendataan sasaran program; Identifikasi sasaran dan kebutuhan layanan; Kunjungan rumah dan pelaksanaan asuhan keperawatan; Tatalaksana kasus bila perlu melibatkan tim asuhan klinis; Pencatatan dan pelaporan; dan Monitoring Evaluasi.

Tenaga kesehatan yang terlibat dalam layanan HCC adalah dokter, perawat, bidan, nutrisionis, sanitarian, dan analis kesehatan.

Layanan HCC sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Magelang Utara karena secara umum dapat meningkatkan kemandirian individu, keluarga, kelompok/masyarakat (rawan kesehatan), sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Manfaat lain yang dihasilkan dari inovasi tersebut diantaranya: dipahaminya penerapan paradigma sehat dimasyarakat, tertanganinya penyandang penyakit kronis dengan imobilitas, lansia dengan imobilitas yang membutuhkan pelayanan kesehatan, kasus-kasus yang memerlukan tindak lanjut dan pelayanan keperawatan dengan pendekatan keluarga serta terlayaninya kasus-kasus risiko tinggi yang memerlukan pelayanan keperawatan.

Kendala utama yang dihadapi dari layanan HCC adalah kesinambungan program, dan kualitas asuhan keperawatan yang dijalankan, serta peran serta dan kemandirian keluarga dan masyarakat yang belum optimal dalam pelaksanaan asuhan mandiri. Serta masalah lainnya adalah keterbatasan akses informasikarena belum semua anggota masyarakat mengetahui adanya layanan kunjungan rumah serta prosedur untuk mengakses layanan. “Namun kami mengupayakan penyebarluasan informasi dan mempermudah prosedur dalam mengakses layanan dengan menyediakan layanan call center/sms gateway dan media sosial untuk mengakses layanan. Serta kedepan akan ada pengembangan inovasi dengan menyediakan akses untuk pelayanan perawat home care yang bekerjasama atau dalam binaan puskesmas.” tutup Istikomah.

 

Penulis: Tuti Fauziah

Editor :

 

 

 


Index ePaper Download PDF ePaper