Makanan Sehat Kaya Gizi dari Sulawesi Utara
Isi Piringku - 108 view


Bubur Manado adalah salah satu kuliner khas dari Manado (Sulawesi Utara). Bahan dasar masakan ini adalah beras yang dicampur sayuran seperti kangkung, daun kemangi, ubi merah/ kuning, dan jagung pipil. Disantap dengan hidangan pelengkap seperti ikan tongkol atau ikan asin bersama sambal dabu-dabu.

Hidangan yang di daerah asalnya dikenal dengan nama Tinutuan, termasuk golongan makanan sehat dan bergizi. Hal ini disampaikan oleh Prof. Ahmad Sulaeman, Ph.D dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB). “Sayur-sayuran di dalamnya seperti kita tahu mengandung serat tinggi, kaya akan antioksidan. Serat tinggi bisa memperlancar pencernaan dan baik untuk sistem cerna,” ujarnya seperti dikutip dari detikhealth.com

Menurut Prof. Ahmad, dalam semangkok Bubur Manado terdapat bahan makanan yang penting bagi kesehatan. “Beta Karoten dan Lycophene dalam sayuran yang digunakan bisa menjadi antioksidan sehingga dapat membantu kulit lebih halus. Selain itu, antioksidan tersebut juga baik untuk penglihatan, di antaranya membantu mencegah masalah penglihatan seperti mata buram dan katarak,” jelas dia.

Ditambahkan Prof. Ahmad, Fitokimia dalam kemangi bisa membantu mengurangi keluhan nyeri menjelang menstruasi. Kandungan Asam Oksalat juga bisa membantu proses metabolisme tubuh. Bubur Manado dianggap sebagai makanan yang dapat ‘menghancurkan’ lemak serta unsurunsur jahat lainnya bagi tubuh yang mungkin banyak dikonsumsi ketika akhir tahun.

Tidak hanya kandungan gizi, Bubur Manado dapat memperkenalkan rasa sayuran kepada janin bila dikonsumsi oleh ibu hamil. “Karena apa yang dimakan ibu kan bisa dirasakan oleh anaknya di dalam kandungan. Jadi kalau ibu biasa makan sayur, anaknya nih udah kenal sama rasa sayuran ini, di kandungan kan anak juga udah kenal rasa,” jelasnya.

Namun, bagi penderita asam urat disarankan oleh Prof. Ahmad agar berhati-hati mengonsumsi Bubur Manado. “Memang terkandung Purin di kangkung. Tapi buat yang tidak punya asam urat, makan sedikit saja enggak masalah ya, kecuali kalau sudah ada keluhan asam urat memang harus lebih hati-hati,” terangnya.

Nilai Gizi Bubur Manado

Dikatakan Prof. Ahmad, Bubur Manado cocok dijadikan menu sarapan. Kandungan kalori dalam Bubur Manado memenuhi kebutuhan asupan energi pada pagi hari yaitu 250 kalori sampai 300 kalori.

Selain itu untuk penderita kolesterol tinggi, ia juga mengatakan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi Bubur Manado, karena dalam 1 porsinya tidak ada kandungan kolesterol sama sekali. Hal ini dapat dilihat pada tabel komposisi gizi 1 porsi Bubur Manado yang diambil dari factsecret.co.id

 

Penulis: Resty Kiantini


Index ePaper Download PDF ePaper