Manfaat Beras Ketan Putih
Isi Piringku - 4,929 view


 

 

Dilansir Sehatq, beras ketan putih memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. 

Mencegah penyakit kronis

Nutrisi pada beras ketan putih, seperti selenium, memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit kronis. Pasalnya, antioksidan dapat menurunkan kadar stres oksidatif yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan.

Mencegah diabetes

Penelitian yang dirilis “Nutrition & Diabetes Journal” menyebut, makan beras ketan putih 2x sehari dalam 8 minggu membantu mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2.

Mencegah peradangan

Zat mineral dalam beras ketan putih memiliki banyak dampak baik untuk tubuh. Misalnya zinc dan berbagai vitamin B, yang bisa memperkuat sistem imun tubuh, sehingga dapat mengurangi peradangan dan meredakan ketegangan.

Meningkatkan kepadatan tulang

Zat mineral yang dikandung oleh beras ketan putih dapat membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga penyakit osteoporosis bisa dicegah. Terutama kandungan kalsium, dalam 100 gram beras ketan putih, terdapat sekitar 2 miligram kalsium yang siap menjaga kesehatan tulang.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Beras ketan putih mengandung lemak dan kolesterol yang sangat sedikit. Itulah sebabnya banyak penderita penyakit jantung yang akhirnya mengonsumsi beras ketan putih untuk menjaga kesehatan jantung. Beras ketan putih juga aman dikonsumsi pengidap tekanan darah tinggi dan obesitas.

Meningkatkan metabolisme

Vitamin B yang terkandung dalam beras ketan putih sangat “terikat” dengan metabolisme tubuh. Dengan demikian, proses penciptaan enzim, kestabilan hormon, dan proses metabolik lainnya pun terjaga.


Index ePaper Download PDF ePaper