Memahami Diri untuk Mengaruhi Kehidupan
Resensi - 128 view


Buku Energi Baik Hari Ini atau disingkat EBHI ini memiliki isi yang sedikit berbeda dari buku motivasi lainnya. Jika biasanya buku motivasi penuh dengan tulisan, cerita, kisah keberhasilan orang, EBHI banyak dipenuhi dengan ilustrasi gambar dan tulisan singkat penuh makna. Dalam buku ini, tidak mengungkap nama, yang ada hanya tokoh “Aku” dan “Manusia itu”.

Di awal, pembaca diajak untuk melakukan perjalanan mengenal diri, bagaimana diri ini menentukan apa tindakan selanjutnya, seperti yang tertulis dalam sebuah quote dalam buku, “Ragu-ragu dalam melakukan suatu hal, hanya akan membatasi diri ini. Lakukan saja, asal baik” (Hal 10).

Menjadi dewasa belum tentu bisa menjadi orang yang dapat memahami diri sendiri, mengetahui apa yang kita inginkan atau tidak. Buku ini banyak mengulas pentingnya berdiam diri sejenak, merenungkan apa langkah kita selanjutnya dalam sebuah alur perjalanan yang dilakukan oleh “Aku” dan “Manusia itu”.

Praygih menceritakan kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari dalam kehidupan kita, dan biasanya luput dari perhatian kita, dan buku ini mengajak kita untuk memperhatikan, melihat, dan menerka dengan seksama, hal-hal baik apa yang ada di sekeliling kita. Memahami dan mencoba berada di posisi seseorang, memahami keadaannya sebelum berbicara, sebelum menilai, dan sebelum menarik kesimpulan. Nilai yang ada dalam buku ini cukup relevan dengan kondisi saat ini dimana orang dengan mudahnya melakukan bullying di media sosial, berkomentar tentang seuatu hal yang tidak diketahui secara pasti kebenarannya.

Secara garis besar, buku ini mengajak kita untuk kembali ke hati nurani, sebisa mungkin jangan menyepelekan apa pun, meski itu hal kecil dan terasa tidak penting, karena tidak ada yang kebetulan di semesta raya ini. Semua manusia memiliki masalah, bukan soal masalah itu besar atau kecil, melainkan bagaimana menghadapi dan menyelesaikan masalah yang ada pada diri kita, apakah kita akan tenang atau terburu-buru, kita sendirilah yang memutuskan, karena baik dan tidak baiknya sesuatu, sebenernya diri kitalah yang lebih tau. Buku ini cukup menggugah pola pikir untuk lebih memahami apa yang sebenarnya kita inginkan, kita tuju, dan kita mau. 

Penulis : Ferri Satriyani

Editor : Prima Restri


Index ePaper Download PDF ePaper