Mengenal Masalah Kesehatan JIwa
Etalase - 253 view


Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan jiwa merupakan isu yang penting, karena keduanya memiliki keterkaitan. Seseorang tidak bisa dikatakan sehat, jika tidak sehat secara fisik maupun jiwa. Hal ini dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, bahwa kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial maupun ekonomi.

Di Indonesia sendiri berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, lebih dari 19 juta jiwa penduduk usia & > 15 tahun mengalami masalah gangguan mental emosional, 12 juta jiwa penduduk usia > 15 tahun mengalami masalah depresi, dan 18 dari 10.000 populasi terdapat orang dengan psikosis atau skizofrenia.

Persoalan kesehatan jiwa atau mental tidak bisa dianggap sepele. Gangguan jiwa sama berbahayanya dengan penyakit fisik. Contohnya saja, ketika seseorang mengalami depresi, jika tidak segera ditangani oleh medis akan meningkatkan resiko bunuh diri. Perlu upaya mencegah dan mengendalikan dengan cara promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitati Untuk itu, masyarakat perlu memahami masalah kesehatan jiwa sejak dini agar dapat segera mendatangi layanan kesehatan apabila merasa ada yang salah dengan pola pikir dan perilakunya. Sehingga, keinginan untuk bunuh diri bisa dicegah.

Uraian mengenai mengenali masalah kesehatan jiwa akan disajikan pada rubrik Media Utama, Mediakom bulan ini. Di samping itu, pada rubrik media utama juga akan mengulas tentang cara manusia mengatasi masalah kejiwaan, faktor resiko kesehatan jiwa, berbagai jenis gangguan jiwa serta fenomena Joker, depresi dan bunuh diri.

Tak hanya itu, pada rubrik liputan khusus, pembaca akan diajak untuk mengenal Menteri Kesehatan periode 2019-2024, Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) melalui gebrakan-gebrakannya. Kemudian pelayanan kesehatan holistik, baik jiwa maupun fisik yang ada di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang akan kami suguhkan pada rubrik potret. Simak juga inovasi pelayanan kesehatan jiwa “Bagaspati Among Jiwo” yang dilakukan oleh tim RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Dari daerah akan menampilkan upaya Puskesmas Magelang Utara untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, akan hadir tips-tips kesehatan yang disajikan dalam info sehat. Tak ketinggalan resensi buku dan resensi film akan mengulas hal-hal menarik yang sayang jika dilewatkan.

Selamat membaca!

Salam Redaksi.


Index ePaper Download PDF ePaper